Korban Yang Tak Bercela

 



Rabu, 1 Pebruari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 7-9


Imamat 9:2 (TB)  lalu berkatalah ia kepada Harun: "Ambillah bagimu sendiri seekor lembu muda, untuk korban penghapus dosa, dan seekor domba jantan untuk korban bakaran, kedua-duanya yang tidak bercela, kemudian persembahkanlah itu di hadapan TUHAN. 


Di Perjanjian Lama, setiap binatang yang dikorbankan baik lembu maupun domba harus dipilih yang tidak bercela atau tidak ada cacatnya. Ini mengisyaratkan bahwa persembahan yang diberikan kepada Tuhan adalah yang terbaik.


Dalam Perjanjian Baru, Yesus Kristus yang dikorbankan di kayu salib untuk pendamaian umat manusia adalah korban yang tidak bercela. Beberapa ayat ini membuktikannya.


1. Darah yang mahal


1 Petrus 1:18-19 (TB)  Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,

melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.


2. Hidup yang kudus


Ibrani 4:15 (TB)  Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.


Tuhan telah mengorbankan dalam diri-Nya persembahan yang terbaik, tak ternilai dan kudus yaitu Kristus Yesus. Bagaimana kita meresponi pengorbanan Tuhan Yesus?


Marilah kita menjalani kehidupan yang kudus yaitu menjauhi dosa dan hidup dengan cara yang berkenan kepada Tuhan. Hal ini menjadi ibadah yang sejati.

Roma 12:1 (TB)  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 


Berikanlah kehidupan kita menjadi korban yang tak bercela di hadapan Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages