Penyertaan Tuhan

 



Sabtu, 21 Januari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 13-15


Keluaran 13:21 (TB)  TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.


Tuhan menuntun perjalanan bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Pada waktu siang yang terik, Tuhan memberi keteduhan dengan tiang awan. Pada waktu malam yang gelap dan dingin, Tuhan menerangi dan menghangatkan dengan tiang api. Intinya penyertaan Tuhan setiap waktu dalam segala keadaan.


Tiang awan dan tiang api adalah simbol penyertaan Tuhan bagi kita bahkan Dia menyertai kita sampai kepada akhir zaman.


Matius 28:20 (TB)  dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."


1. Penyertaan Tuhan memelihara hidup kita.


Salah satu pergumulan adalah kebutuhan hidup. Bila Tuhan menyertai maka Dia akan memelihara dan menyediakan segala kebutuhan kita.


Mazmur 23:1 (TB)  Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. 


2. Penyertaan Tuhan memberi damai sejahtera.


Bila Tuhan menyertai kita maka kita bisa merasakan kenyamanan sekalipun keadaan yang kita alami sedang kurang baik. Ini yang disebut damai sejahtera.


Yohanes 14:27 (TB)  Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.


Mazmur 23:2-3 (TB)  Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; 

Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. 


3. Penyertaan Tuhan melindungi dari marabahaya.


Dunia ini penuh dengan marabahaya: sakit-penyakit, kecelakaan, musibah, penderitaan, masalah hubungan antar manusia, masalah keuangan dan sebagainya. Bila Tuhan menyertai kita, Dia akan melindungi kita dari marabaya. Bahkan sekalipun kita berjalan dalam lembah kekelaman.


Mazmur 23:4 (TB)  Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. 


Marilah kita pastikan kehidupan kita setiap hari dalam tuntunan Tuhan. Datanglah kepada Tuhan setiap pagi dan memohon penyertaan Tuhan sepanjang hari. Penyertaan Tuhan akan memelihara hidup kita, memberi damai sejahtera dan melindungi kita dari marabahaya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages