Diingat Pada Waktu Yang Tepat

 



Sabtu, 14 Januari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 40-42


Kejadian 41:12-13 (TB)  Bersama-sama dengan kami ada di sana seorang muda Ibrani, hamba kepala pengawal istana itu; kami menceritakan mimpi kami kepadanya, lalu diartikannya kepada kami mimpi kami masing-masing.

Dan seperti yang diartikannya itu kepada kami, demikianlah pula terjadi: aku dikembalikan ke dalam pangkatku, dan kepala juru roti itu digantung."


Pada waktu Yusuf di dalam penjara, ada juru minuman dan juru roti yang menceritakan mimpi mereka. Yusuf menafsirkan mimpi mereka dengan pesan untuk mengingat Yusuf apabila keadaan mereka telah baik. Tetapi ternyata pesan Yusuf dilupakan.


Kejadian 40:14 (TB)  Tetapi, ingatlah kepadaku, apabila keadaanmu telah baik nanti, tunjukkanlah terima kasihmu kepadaku dengan menceritakan hal ihwalku kepada Firaun dan tolonglah keluarkan aku dari rumah ini.


Kejadian 40:23 (TB)  Tetapi Yusuf tidaklah diingat oleh kepala juru minuman itu, melainkan dilupakannya. 


Lama sesudah itu bermimpilah Firaun dan tak ada seorang pun yang bisa menafsirkannya. Maka teringatlah juru minuman kepada Yusuf yang telah menafsirkan mimpinya. Firaun memanggil Yusuf. Oleh kemurahan Allah Yusuf menafsirkan mimpi Firaun dan dipercaya sebagai mangkubumi yang mengelola negeri Mesir pada waktu kelimpahan dan kelaparan.


Kejadian 41:39-40 (TB)  Kata Firaun kepada Yusuf: "Oleh karena Allah telah memberitahukan semuanya ini kepadamu, tidaklah ada orang yang demikian berakal budi dan bijaksana seperti engkau.

Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat; hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu." 


Apa yang dapat kita pelajari dari kisah tersebut?

Tuhan menolong kita pada waktu yang tepat. Seringkali kita menginginkan pertolongan segera datang atau terjadi secara instan. Tetapi yang terjadi seakan-akan Tuhan lambat untuk menolong atau tidak segera menolong kita. Marilah kita memahami waktu Tuhan adalah waktu yang terbaik, waktu Tuhan bukanlah waktu kita. Kalau saat ini belum datang pertolongan, percayalah bahwa Tuhan akan menolong kita pada waktu yang tepat, Dia tidak pernah gagal dan tidak pernah terlambat. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages