Masuk Ke Dalam Bahtera

 



Selasa, 3 Januari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 7-9


Kejadian 7:1 (TB)  Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Nuh: "Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapan-Ku di antara orang zaman ini.


Bahtera yang dibangun pada zaman Nuh memisahkan orang-orang (binatang) yang mendapat kasih karunia Allah dengan yang mendapat penghukuman.
Setiap kebenaran firman Tuhan senantiasa berbicara dalam kehidupan kita sepanjang masa.
Apakah makna bahtera dalam kehidupan sekarang?


1. Bahtera melambangkan hadirat Tuhan, tempat persekutuan dengan Tuhan. Tanpa masuk dalam hadirat Tuhan, kita tidak bisa mengalami persekutuan yang intim bersama Tuhan.


2. Bahtera melambangkan tempat perlindungan Tuhan.
Di dalam Tuhan kita mengalami perlindungan dari segala marabahaya.
Mazmur 91:1-2 (TB)  Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."
Kita akan mengalami perlindungan Tuhan apabila berada dalam persekutuan dengan Tuhan.


3. Bahtera melambangkan gereja.
Kata gereja berasal dari eklesia yang artinya orang-orang yang telah dipanggil keluar dari kegelapan dan disatukan dalam komunitas orang percaya (gereja). Atau dengan kata lain gereja adalah kumpulan orang percaya yang telah diselamatkan dan dilepaskan dari segala hukuman karena darah Kristus.
Di dalam gereja kita bertumbuh dan mengalami kasih karunia Allah dengan berlimpah.


Apakah ada di antara Anda belum bergereja? Segeralah berkomitmen menjadi anggota gereja yang aktif, setialah, bertumbuh dan melakukan panggilan Tuhan bersama dengan anggota gereja yang lain. Maka Anda akan mengalami persekutuan dan perlindungan di dalam Tuhan. Amin. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages