El-Roi

 


Jumat, 6 Januari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 16-18


Kejadian 16:13 (TB)  Kemudian Hagar menamakan TUHAN yang telah berfirman kepadanya itu dengan sebutan: "Engkaulah El-Roi." Sebab katanya: "Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku?"


El Roi adalah kata sebutan pertama bagi Allah yang muncul di Alkitab. El Roi berarti Allah melihat. Uniknya, sebutan bagi Allah ini diberikan oleh seorang budak perempuan yang berasal dari Mesir, seorang yang sesungguhnya tidak berada dalam garis benang merah rencana keselamatan Allah, yaitu Hagar.

Hagar adalah budaknya Sarai, istri Abram (selanjutnya disebut sebagai Abraham). Sarai atau Sara memberikan Hagar kepada Abraham agar Hagar dapat melahirkan anak baginya. Namun, ketika Hagar hamil, Sara malah menindas Hagar (Kej. 16). Hagar pun melarikan diri dari rumah majikannya itu ke padang gurun. Di sana, ia mendapatkan pertolongan dari Allah. Allah melihat dan memerhatikan kesengsaraan Hagar. Itu sebabnya Hagar memanggil Allah dengan sebutan El Roi.


Apapun background dan asal-usul Hagar yang jelas Tuhan melihat dan memperhatikan orang-orang yang berada dalam penderitaan dan kesesakan. Ketika kita mengalami kesesakan, percayalah Tuhan memperhatikan hidup kita. Dia tidak pernah meninggalkan dan Dia siap menolong kita.


Jangan merasa bila kita orang hina maka Tuhan tidak akan menolong. Tuhan pasti memperhatikan semua orang dan menolong setiap orang yang siang malam berseru memohon kasih karunia-Nya. Nama-Nya tetap sama yaitu El-Roi, Tuhan yang melihat kehidupan kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages