Murah Hati

 



Jumat, 20 Januari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 10-12


Keluaran 11:3 (TB)  Lalu TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu; lagipula Musa adalah seorang yang sangat terpandang di tanah Mesir, di mata pegawai-pegawai Firaun dan di mata rakyat.


Bangsa Mesir sangat kejam dalam menindas bangsa Israel, jadi sangat tidak mungkin apabila mereka bermurah hati dan memberikan barang-barang yang berharga kepada bangsa Israel. Namun segalanya berubah ketika Tuhan membuat orang Mesir bermurah hati kepada bangsa Israel.


Keluaran 12:35-36 (TB)  Orang Israel melakukan juga seperti kata Musa; mereka meminta dari orang Mesir barang-barang emas dan perak serta kain-kain. 

Dan TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampasi orang Mesir itu. 


Apakah arti murah hati?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, murah hati memiliki arti suka (mudah) memberi, tidak pelit, penyayang dan pengasih, suka menolong dan baik hati.


Dapat kita simpulkan bahwa murah hati yang dimiliki oleh bangsa Mesir bukan karena sifat mereka tetapi karena Tuhan yang mengubah hati mereka.


Demikianlah bila hati kita telah dijamah Tuhan dan dipenuhi Roh Kudus maka kita akan menghasilkan buah Roh, salah satunya adalah murah hati. Dan di dalam kasih ada murah hati.


Galatia 5:22-23 (TB)  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 

kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.


1 Korintus 13:4 (TB)  Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. 


Jadi orang yang murah hati terjadi karena Tuhan telah menjamah hatinya dan memenuhinya dengan kasih.

Marilah kita bermurah hati bukan karena sifat kita tetapi karena mengijinkan Tuhan menjamah hati kita dan memenuhinya dengan kasih sehingga kita bisa bermurah hati seperti Tuhan bermurah hati kepada kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages