Bergaul Dengan Allah

 



Senin, 2 Januari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 4-6


Kejadian 6:9 (TB)  Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.


Kehidupan manusia yang semakin jahat telah menyebabkan Tuhan berencana untuk memusnahkan kehidupan seluruh manusia dengan air bah. Akan tetapi rencana tersebut terlebih dahulu disampaikan kepada Nuh dan memerintahkannya untuk membuat bahtera baginya dan keluarganya.

Mengapa Tuhan memilih Nuh dan keluarganya yang diselamatkan?


1. Nuh mendapat kasih karunia 


Kejadian 6:8 (TB)  Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN. 


Tentulah Nuh bukan manusia yang sempurna yang tidak memiliki dosa. Masih ada "natur" dosa di dalam dirinya. Sebagai contoh ketika contoh ketika sesudah menerima perjanjian dari Tuhan, Nuh justru mabuk oleh anggur.

Kejadian 9:21 (TB)  Setelah ia minum anggur, mabuklah ia dan ia telanjang dalam kemahnya. 


Pemberian kasih karunia Tuhan kepada manusia merupakan domain dari Tuhan. Terkadang kita melihat ada orang berdosa dipilih Tuhan menjadi alat-Nya, misalnya Paulus dari seorang pembenci Kristen menjadi rasul yang memberitakan Injil. Pada intinya kalau kita menerima kasih karunia Tuhan, bersyukurlah dan hiduplah sepadan dengan kasih karunia yang Tuhan berikan.


2. Nuh hidup benar dan bergaul dengan Allah.


Kejadian 6:9 (TB)  Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.


Meskipun hidup di tengah dunia yang jahat, tetapi Nuh tetap berusaha hidup benar, tidak bercela dan bergaul dengan Allah. Inilah sebabnya Tuhan memberitahukan segala rencana-Nya dan memanggil Nuh untuk diselamatkan dari air bah yang memusnahkan bumi.


Mazmur 25:14 (TB)  TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka. 


Di awal tahun baru 2023 marilah kita memiliki semangat dan komitmen yang baru untuk memelihara persekutuan dengan Tuhan. Bangunlah kehidupan ibadah kita melalui doa, puasa, memuji, menyembah, membaca dan merenungkan firman Tuhan. Ketika kita bergaul dengan Tuhan, maka akan mengenal Tuhan lebih dalam dan lebih pribadi serta dimampukan untuk mengerti segala rencana Tuhan dalam kehidupan kita. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages