Tak Mau Hutang Budi

 



Kamis, 5 Januari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 13-15


Kejadian 14:23 (TB)  Aku tidak akan mengambil apa-apa dari kepunyaanmu itu, sepotong benang atau tali kasut pun tidak, supaya engkau jangan dapat berkata: Aku telah membuat Abram menjadi kaya.


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti berhutang budi adalah mendapat kebaikan hati dari orang lain dan wajib dibalas. 


Raja Sodom menawarkan kepada Abram untuk mengambil harta raja Sodom yang dirampas oleh musuhnya. Akan tetapi Abram bersumpah bahwa ia tidak akan mengambil apa-apa, supaya raja Sodom jangan berkata bahwa ia yang membuat Abram menjadi kaya. Inilah sikap Abram yang menunjukkan bahwa ia tidak mau berhutang budi kepada orang lain.


Sebenarnya sikap yang ditunjukkan oleh Abram menunjukkan imannya, yaitu bahwa Tuhan yang memelihara dan yang menyediakan berkat sehingga ia tidak mengandalkan manusia. 


Sedapat mungkin marilah kita berusaha agar jangan berhutang budi kepada orang lain. Justru sebaliknya berilah kebaikan kepada orang lain.


Kisah Para Rasul 20:35 (TB)  Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima."


Kebaikan yang kita berikan bukan hanya berwujud materi melainkan juga non materi misalnya doa, perhatian, keramahtamahan dan pelayanan. Semoga renungan singkat ini dapat membangun karakter kita menjadi lebih baik. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages