Pendamaian Yang Adil

 



Kamis, 26 Januari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 28-30


Keluaran 30:15 (TB)  Orang kaya janganlah mempersembahkan lebih dan orang miskin janganlah mempersembahkan kurang dari setengah syikal itu pada waktu dipersembahkan persembahan khusus itu kepada TUHAN untuk mengadakan pendamaian bagi nyawa kamu sekalian. 


Di Perjanjian Lama ada persembahan pendamaian yang bertujuan mendamaikan bangsa Israel dengan Tuhan. Jumlahnya adalah setengah syikal kudus. Disebut kudus karena nilai mata uang ini hanya digunakan untuk uang persembahan pendamaian. Mengenai pendamaian ini adalah beban atau tanggung jawab masing-masing setiap orang. Menariknya di sini terlihat keadilan Tuhan yaitu baik orang kaya maupun miskin harus mempersembahkan uang pendamaian dengan jumlah yang sama, tidak lebih dan tidak kurang. Jadi orang tidak bisa mengandalkan atau membanggakan hartanya untuk mendapatkan pendamaian dari Tuhan.


Nilai 1 syikal kudus bila dikonversi ke rupiah saat ini adalah Rp 4.434. Bila setengah syikal adalah Rp 2.217, sangat murah harga seharga uang parkir. Pelajarannya adalah pendamaian dengan Tuhan itu murah, semua orang bisa mendapatkannya. Tuhan tidak mempersulit setiap orang untuk membayar uang pendamaian.


Dalam Perjanjian Baru pendamaian manusia dengan Tuhan telah disempurnakan melalui korban Tuhan Yesus di kayu salib. Baik orang kaya maupun miskin sama-sama mendapat keadilan Tuhan. Tuhan tidak memprioritaskan keselamatan bagi orang kaya dan mengabaikan orang yang miskin, maupun sebaliknya. Pendamaian dari Tuhan adalah untuk semua orang tanpa melihat latar belakangnya. Inilah wujud keadilan Tuhan.


Bila dalam Perjanjian Lama untuk mendapatkan pendamaian harus membayar meskipun murah sekali, maka di Perjanjian Baru bahkan gratis. Yesus Kristus telah membayarnya di kayu salib dengan darah-Nya yang mahal. Yesus memberikan pendamaian secara cuma-cuma sebab Dialah Raja Damai. Yang dibutuhkan hanyalah kesadaran dan keputusan untuk bertobat serta menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, maka kita akan menerima pendamaian dari Tuhan.


2 Korintus 5:20-21 (TB)  Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.

Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.


Tuhan telah memberikan pendamaian yang adil bagi semua manusia. Sebab itu jangan disia-siakan. Terimalah pendamaian dari Tuhan dengan mengaku dosa, bertobat dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages