Tidur Dengan Binatang

 



Selasa, 24 Januari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 22-24


Keluaran 22:19 (TB)  Siapa pun yang tidur dengan seekor binatang, pastilah ia dihukum mati. 


Alkitab Terjemahan Baru (LAI) sangat santun dalam bahasanya sehingga hal-hal yang berbau seksual seringkali disamarkan atau menggunakan bahasa yang halus. Sebagai contoh kita akan membahas ayat tersebut. 


1. Apakah yang dimaksudkan dengan tidur dengan binatang?


Mari kita akan melihat beberapa terjemahan lain.


Keluaran 22:19 (FAYH)  "Siapa pun yang bersetubuh dengan seekor binatang harus dihukum mati.


Keluaran 22:19 (BIMK)  Orang yang bersetubuh dengan binatang harus dibunuh.


Keluaran 22:19 (AYT)  Siapa pun yang bersetubuh dengan hewan harus dihukum mati. 


Jadi yang dimaksud tidur dengan hewan adalah bersetubuh (berhubungan seks) dengan hewan. Kita mungkin tidak percaya, tetapi bagi orang mesum bersetubuh dengan binatang misalnya anjing bukan menjadi hal yang asing.


Firman Tuhan memberikan larangan berkelamin dengan binatang.


Imamat 18:23 (TB)  Janganlah engkau berkelamin dengan binatang apa pun, sehingga engkau menjadi najis dengan binatang itu. Seorang perempuan janganlah berdiri di depan seekor binatang untuk berkelamin, karena itu suatu perbuatan keji. 


Imamat 20:15 (TB)  Bila seorang laki-laki berkelamin dengan seekor binatang, pastilah ia dihukum mati, dan binatang itu pun harus kamu bunuh juga. 


2. Bagaimana bila tidur dengan binatang tetapi tidak bersetubuh?


Sebenarnya tidak termasuk cakupan dalam peringatan ayat di atas. Artinya tidak berdosa bila tidur bersama binatang tetapi tidak bersetubuh. Tetapi secara bijaksana adalah memperhatikan faktor kesehatan dan kebersihan. Bahwa binatang dapat menjadi carrier (pembawa) bibit penyakit kepada tubuh kita. Boleh menjadi penyayang binatang tetapi segala sesuatu yang berlebihan bisa berdampak negatif. Bahkan bisa melebihi kasih kita kepada Tuhan.


Semoga pembahasan singkat dengan ayat tersebut menjadi berkat. Jadilah semakin bijaksana dari hari ke sehari. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages