Pelayanan Malaikat

 



Minggu, 13 Desember 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Ibrani 1-3


Ibrani 1:14 (TB)  Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?


Dalam pengajaran di gereja, jarang disampaikan pengajaran tentang malaikat. Sesungguhnya dari Perjanjian Lama sampai dengan Perjanjian Baru banyak sekali disebut tentang malaikat. Marilah sejenak kita akan belajar tentang pelayanan malaikat. Yang kita bicarakan di sini adalah malaikat Allah, bukan malaikat TUHAN. Sebab malaikat TUHAN adalah teophani atau penampakan TUHAN sendiri kepada manusia. Tetapi malaikat Allah adalah pelayan-pelayan Allah.


1. Malaikat adalah makhluk roh ciptaan Tuhan.


Sebagai makhluk roh malaikat tidak kelihatan, tetapi ada. Malaikat ada di sorga melayani Allah bersama orang kudus-Nya, tetapi ada juga yang Allah perintahkan ada di dunia untuk melayani orang percaya. Jumlahnya sangat banyak (tak terhitung). Alkitab juga menyebut pasukan malaikat bila sejumlah malaikat diutus oleh Allah.


Mazmur 78:49 (TB)  Ia melepaskan kepada mereka murka-Nya yang menyala-nyala, kegemasan, kegeraman dan kesesakan, suatu pasukan malaikat yang membawa malapetaka;


Matius 26:53 (TB)  Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku?


2. Malaikat-malaikat diperintahkan Tuhan untuk melayani manusia.


A. Melindungi orang percaya.
Mazmur 91:11 (TB)  sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.


B. Menyampaikan pesan / jawaban doa / kebutuhan dari sorga kepada orang percaya.
Kejadian 28:12 (TB)  Maka bermimpilah ia, di bumi ada didirikan sebuah tangga yang ujungnya sampai di langit, dan tampaklah malaikat-malaikat Allah turun naik di tangga itu.


3. Malaikat menyembah Allah dan bukan untuk disembah.


Ibrani 1:6 (TB)  Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."

Malaikat Allah tahu posisinya, dia bukan tuan tetapi pelayan. Sehingga malaikat akan menyiapkan situasi dan menguatkan kita untuk menyembah Allah. Kecuali malaikat-malaikat yang mengikut Lucifer yang telah dikutuk Allah sehingga bukan lagi menjadi malaikat kudus tetapi telah menjadi setan-setan.


4. Malaikat bisa menampakkan diri.


Dalam situasi yang urgen atau mendesak, malaikat bisa menampakkan diri untuk memberi kekuatan kepada orang percaya.
Dalam beberapa gambaran disebutkan dalam rupa manusia sehingga sering disebut dengan kata "seorang".


Kejadian 32:1-2 (TB)  Yakub melanjutkan perjalanannya, lalu bertemulah malaikat-malaikat Allah dengan dia.
Ketika Yakub melihat mereka, berkatalah ia: "Ini bala tentara Allah." Sebab itu dinamainyalah tempat itu Mahanaim.


Lukas 22:43 (TB)  Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya.


5. Malaikat juga memiliki hierarki.


Ada penghulu malaikat yang masih taat kepada Allah yaitu Mikhail (malaikat perang) dan Gabriel (malaikat pelayan dan penyampai pesan). Semua malaikat yang ada di bawah koordinasi keduanya. Nama-nama lain tidak biasa disebut dalam pengajaran Kristen pada umumnya.


Daniel 10:13 (TB)  Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia.


Lukas 1:19 (TB)  Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.


6. Bolehkah kita memerintah malaikat?


Sekalipun malaikat ditugaskan Allah untuk melayani orang percaya, tetapi kita tidak diberikan otoritas untuk memerintah malaikat. Malaikat secara otomatis sesuai dengan perintah Allah akan melayani kita. Dan jika kita membutuhkan pelayanan malaikat, kita dapat meminta kepada Allah untuk mengutus malaikat-malaikat-Nya.


Mazmur 91:11 (TB)  sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.


Dengan beberapa pengertian tersebut, kiranya memberikan pencerahan tentang pelayanan malaikat. Bersyukurlah Allah telah menyiapkan malaikat untuk melindungi dan melayani setiap orang percaya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages