Mengalahkan Tuduhan Iblis

 


Senin, 28 Desember 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Wahyu 10-12


Wahyu 12:11 (TB)  Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.


Salah satu pekerjaan Iblis adalah mendakwa orang-orang percaya. Mendakwa berarti menyampaikan tuduhan oleh sebab suatu pelanggaran atau dosa yang dilakukan. Tujuan dari tuduhan Iblis agar orang percaya meragukan keselamatan atau statusnya di hadapan Allah. Bahkan lebih daripada itu membuat orang percaya merasa tidak layak dan meninggalkan kasih karunia Tuhan.


Wahyu 12:11 memberikan kunci untuk mengalahkan tuduhan atau dakwaan Iblis, yaitu:


1. Darah Anak Domba
Jika kita melakukan suatu dosa atau pelanggaran, segeralah mengaku dan meminta pengampunan-Nya.
1 Yohanes 1:9 (TB)  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
Ketika datang dakwaan atau tuduhan dari Iblis yang membisikkan dan mengintimidasi bahwa kita orang berdosa dan tidak layak di hadapan Allah, maka kita bisa mengucapkan pengakuan bahwa dosa kita telah diampuni dan dikuduskan oleh darah Kristus. Darah Anak Domba atau darah Kristus adalah senjata utama melawan dakwaan atau tuduhan Iblis.


2. Perkataan Kesaksian
Perkataan kesaksian yang dimaksud adalah firman Tuhan yang kita ucapkan. Yesus memberi teladan bagaimana mengalahkan pencobaan, yaitu dengan firman Tuhan (Mat 4:1-11).
Wahyu 12:11 (BIMK)  Saudara-saudara kita sudah mengalahkan dia dengan darah Anak Domba itu, dan dengan berita benar dari Allah yang mereka kabarkan. Mereka rela mengurbankan nyawa mereka sampai mati.
Oleh sebab itu sangatlah penting mengisi hidup kita setiap hari dengan firman Tuhan agar kita memiliki senjata untuk mematahkan dakwaan atau tuduhan dari Iblis.


3. Mengasihi Tuhan lebih dari diri sendiri.
Ketika menghadapi aniaya, orang yang mengasihi dirinya sendiri akan menyelamatkan diri dengan cara meninggalkan Tuhan. Sebaliknya jika mengasihi Tuhan akan rela dan tahan menghadapi aniaya dan kesukaran. Tuduhan Iblis bagaikan aniaya yang secara terus-menerus akan mencuri damai sejahtera. Sebab itu tepatlah firman yang diucapkan oleh Tuhan Yesus:
Matius 10:39 (TB)  Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.


Tuhan tidak pernah membiarkan kita berjuang sendiri menghadapi dakwaan atau tuduhan dari Iblis. Roh Kudus akan menyertai kita, memimpin kita kepada pertobatan dan mengalami kuasa darah Anak Domba. Dengan darah Anak Domba dan firman Allah yang kita ucapkan serta mengasihi Tuhan, kita dapat mengalahkan segala tuduhan dari Iblis. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages