Disusun Menjadi Tubuh Kristus

 


Kamis, 3 Desember 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Efesus 4-6


Efesus 4:16 (TB)  Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, — yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota — menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.  


Kita tentu sudah memahami gambaran jemaat/atau gereja sebagai tubuh Kristus. Ayat tersebut menekankan peran masing-masing anggota tubuh Kristus dalam kebersamaan.


1. Setiap anggota rapi tersusun.

Dalam gereja, setiap anggota dibentuk melalui pengajaran firman Tuhan dalam kehidupan rohani maupun karakter. Tujuan pembentukan ini agar manusia yang lama ditanggalkan dan manusia yang baru semakin bertumbuh. Hasilnya adalah jemaat yang memiliki karakter Kristus sehingga kehidupan setiap anggotanya akan rapi artinya taat dan ditempatkan sesuai dengan bagian (karunia) masing-masing.


2. Setiap anggota diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya.

Pelayanan setiap anggota tubuh memiliki dampak kepada anggota yang lain. Jika setiap anggota saling melayani maka akan tercipta satu kesatuan yang kuat, menjadi sebuah ikatan untuk saling menguatkan dan menggembalakan terlebih saat-saat menghadapi situasi sulit.


3. Setiap anggota memiliki kadar tersendiri.

Keterlibatan setiap anggota dalam pelayanan kepada tubuh Kristus tidak dapat disamaratakan. Sama seperti tubuh kita, tugasnya berlainan tetapi saling menopang. Bahkan anggota tubuh yang kelihatannya tidak berguna diperlukan supaya tubuh menjadi elok. Tidak perlu ada iri hati atau cemburu dengan anggota yang memiliki karunia atau tanggung jawab yang lebih besar. Sebaliknya tidak perlu iri hati atau marah dengan anggota dengan tugas yang ringan. Semua tugas akan menerima upah dari Tuhan sesuai dengan kadar masing-masing.


4. Setiap anggota wajib membangun dirinya.

Kemajuan sebuah jemaat atau gereja, bukan hanya tergantung kepada gembalanya. Jika setiap anggota jemaat mengusahakan dirinya semakin bertumbuh maka secara kolektif, gereja juga akan bertumbuh. Anggota lain hanya bisa mendoakan dan mengingatkan, tetapi keputusan dan tindakan untuk berubah menjadi baik adalah tanggung jawab masing-masing.


Marilah kita menyadari bahwa Tuhan menempatkan setiap orang percaya ke dalam gereja-Nya. Tujuannya agar dapat rapi tersusun, hidup dalam kesatuan, melayani sesuai bagiannya dan bertumbuh serta semakin membangun di dalam kasih. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages