Mengasihi Bukan Omdo

 


Senin, 21 Desember 2020


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Yohanes 1-3


1 Yohanes 3:18 (TB)  Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.


Kasih tidak cukup hanya dikatakan alias omdo (omong doang). Kasih membutuhkan bukti nyata. Bagaimana mengasihi yang benar?


1. Dengan perbuatan.


Perbuatan kasih lebih berbicara lebih kuat dari sekedar berkata mengasihi. Perbuatan kasih menunjukkan bahwa kita memiliki kasih yang sejati. Perbuatan kasih menjadi tanda bahwa kita bukanlah orang yang munafik, tetapi memiliki integritas yaitu yang kita katakan sama dengan yang kita ucapkan.


Perbuatan kasih yang paling nyata adalah berani berkorban seperti yang ditunjukkan oleh Kristus bagi kita.
Yohanes 15:13 (TB)  Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.


2. Dalam kebenaran


Hidup dalam kebenaran merupakan bukti nyata bahwa kita mengasihi Allah dan orang lain. Mengasihi Allah karena kita mentaati firman-Nya dan tidak hidup dalam dosa. Sedangkan mengasihi orang lain karena kita tidak berbuat jahat kepada orang lain atau melanggar peraturan dan hukum.


Yohanes 14:21 (TB)  Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."


Banyak orang bisa dengan mudah mengasihi dengan omong doang. Tetapi mengasihi yang sejati disertai dengan perbuatan dan dalam kebenaran. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages