Anak-Anak Terang

 


Minggu, 6 Desember 2020


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tesalonika 1-5


1 Tesalonika 5:5 (TB)  karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan.


Secara umum siang adalah waktu bekerja dan malam adalah waktu beristirahat. Tetapi yang dimaksud ayat tersebut bukan berarti melarang bekerja di waktu malam, sebab ada yang karena tugas harus bekerja di malam hari. Jadi apa maksud ayat tersebut?


1. Anak-anak terang.


Maksudnya dalam kehidupan sehari-hari orang percaya harus menjadi teladan dan menerangi orang lain, komunitas bahkan dunia melalui pikiran, perkataan dan sikap laku.


Matius 5:16 (TB)  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."


2. Anak-anak siang.


Maksudnya agar kita hidup dalam kekudusan dan taat kepada perintah Tuhan. Lawan kata dari anak-anak siang adalah orang-orang kegelapan yaitu mereka yang hidup dalam dosa dan dikuasai oleh hawa nafsu. Anak-anak siang juga berarti sadar dan berjaga-jaga bahwa akhir zaman akan segera tiba atau kita sewaktu-waktu dipanggil Tuhan sehingga haruslah menyiapkan diri.


Roma 13:12 (TB)  Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!


Kita dipanggil untuk menjadi terang dan hidup dalam kebenaran. Marilah kita koreksi kehidupan kita, adakah pikiran, perkataan dan sikap laku yang perlu kita perbaiki.


Roma 12:2 (TB)  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.


Secara umum orang-orang di dunia ini sedang menuju dan hidup dalam kegelapan, tetapi kita dipanggil Tuhan untuk berubah semakin berkenan kepada Tuhan sehingga bisa menerangi dunia yang ada dalam kegelapan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages