Menantikan Kedatangan Kristus

 


Minggu, 20 Desember 2020


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Petrus 1-3


2 Petrus 3:14 (TB)  Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.


Kedatangan Kristus yang kedua adalah pengharapan iman yang selalu kita pegang teguh. Tujuannya agar kita selalu berjaga-jaga sehingga pada saat kedatangan-Nya kita akan bersama-sama Tuhan dalam kemuliaan. Tidak ada seorang pun yang tahu kapan pastinya kedatangan Kristus. Hal ini membuat kita harus selalu siap dan berjaga-jaga senantiasa.


Bagaimana sikap kita dalam menantikan kedatangan Kristus yang kedua?


1. Hidup dalam kekudusan.


2 Petrus 3:14 (TB)  Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.


Kata berusaha menunjuk kepada niat yang sungguh-sungguh, tidak mengenal lelah serta ada pengorbanan baik sikap mental maupun perbuatan.
Kalimat "kedapatan tak bercacat dan tak bernoda" menunjuk kepada hidup dalam kekudusan yaitu melakukan firman Allah serta menjauhi dosa.


2. Hidup dalam pendamaian.


Kalimat "dalam pendamaian dengan Allah" menunjuk kepada hubungan yang benar baik dengan Allah maupun sesama.
Pendamaian dengan Allah memastikan bahwa kita sudah mengaku dosa dan menerima pengampunan dari Allah.
Pendamaian dengan sesama artinya mengampuni kesalahan orang lain serta tidak menjadi "trouble maker" bagi orang lain sehingga tercipta hubungan yang sehat dan penuh damai.


Ketidaktahuan, ketidakyakinan serta kemasabodohan akan kedatangan Kristus yang akan datang akan membuat kehidupan menjadi malas dan ceroboh. Dalam hal ini menuruti nafsu duniawi yang menjauhkan diri dari Allah. Tetapi jika kita memahami dengan sungguh-sungguh dan berpegang teguh pada pengharapan kedatangan Kristus kita akan hidup kudus dan dalam pendamaian dengan Allah.


Jemaat diumpamakan seperti mempelai wanita Kristus yang sedang bersiap menantikan kedatangan Kristus sebagai mempelai pria.
Mazmur 29:2 (TB)  Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, sujudlah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan!
Jadikanlah kekudusan sebagai perhiasan yang indah dan berkenan kepada Allah.
Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages