Hidup Tanpa Kekuatiran

 


Sabtu, 19 Desember 2020


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Petrus 1-5


1 Petrus 5:7 (TB)  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.


Kuatir dalam KBBI adalah takut (gelisah, cemas) terhadap suatu hal yang belum diketahui dengan pasti.
Biasanya rasa kuatir timbul karena bahaya atau resiko yang mengancam sebagai dampak atas masalah yang dialami. Semua orang menghadapi masalah, oleh sebab itu jika tidak disikapi dengan benar semua orang akan hidup dalam kekuatiran.


Bagaimana kita dapat mengatasi kekuatiran?


1. Serahkanlah kekuatiran kepada Tuhan.


Begitu timbul rasa kuatir, segera serahkan kepada Tuhan. Jangan ijinkan rasa kuatir menjadi kekuatiran yang terus-menerus sehingga mengintimidasi dan membuat ketakutan serta kehilangan damai sejahtera. Melalui doa, setiap saat kita dapat selalu menyerahkan rasa kuatir kita kepada Tuhan.


Mazmur 55:23 (TB)  Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.


2. Percaya bahwa Tuhan memelihara hidup kita.


Jika burung di udara diberi makan oleh Tuhan dan bunga bakung dihiasi dengan keindahan, terlebih orang percaya. Oleh sebab itu janganlah kuatir, percayalah Tuhan pasti akan memelihara, menolong dan menyediakan.


Matius 6:25 (TB)  "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?


3. Serahkanlah masa depan ke dalam tangan Tuhan.


Banyak orang kuatir tentang masa depan. Keadaan ekonomi, sakit penyakit, pertambahan usia, pendidikan, pekerjaan dan sebagainya. Memikirkan terlalu jauh dengan pikiran duniawi akan menimbulkan kekuatiran. Tetapi jika kita menggunakan iman dan pengharapan untuk menatap masa depan, kita akan tetap teguh berdiri sekalipun masalah dan tantangan ada di hadapan kita. Serahkanlah hari esok ke dalam tangan Tuhan.


Matius 6:34 (TB)  Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."


Amsal 23:18 (TB)  Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.


Hidup dengan kekuatiran akan menghilangkan sukacita dan damai sejahtera. Oleh sebab itu serahkanlah segala kekuatiran kepada Tuhan dan percayalah bahwa Tuhan sanggup memelihara kehidupan kita. Jalanilah hidup tanpa kekuatiran. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages