Kematian Orang Benar

 


Selasa, 29 Desember 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Wahyu 13-15


Wahyu 14:12-13 (TB)  Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.
Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."


Kematian menjadi peristiwa yang ditakuti oleh semua manusia. Dalam hal ini adalah kematian jasmani yaitu terputusnya jiwa dari tubuh jasmani. Tetapi bagi orang benar, kematian mengandung pengharapan yang besar.


1. Bahagia yang mati dalam Tuhan.


Orang yang beriman akan menerima segala yang sudah Tuhan janjikan. Mereka akan bersama-sama di Sorga menempati rumah kemuliaan yang sudah disiapkan oleh Tuhan Yesus.


Yohanes 14:2-3 (TB)  Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.


2. Beristirahat dalam damai.


Dalam bahasa Inggris sering ada ungkapan "Rest In Peace" atau beristirahat dalam damai. Jika selama hidup di dunia banyak penderitaan, maka kematian dalam Tuhan merupakan pintu kepada kelegaan. Tidak ada lagi kesakitan, jerih lelah dan penderitaan, digantikan dengan sukacita yang abadi di Sorga.


Wahyu 21:4 (TB)  Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."


3. Menerima upah dari Tuhan.


Setiap yang percaya kepada Tuhan Yesus akan bersama-sama dengan Dia di Sorga. Bahkan lebih daripada itu, mereka yang setia melayani dan berbuat baik akan menerima upah (mahkota) dari Tuhan sesuai jerih lelah mereka.


Yakobus 1:12 (TB)  Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.


1 Petrus 5:4 (TB)  Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.


Dengan memahami pengharapan di atas, seharusnya kematian bagi orang percaya, bukan lagi hal yang ditakutkan.
Mazmur 116:15 (TB)  Berharga di mata TUHAN kematian semua orang yang dikasihi-Nya.
Oleh sebab itu marilah kita selama hidup tetap setia kepada Tuhan, bertahan dalam pencobaan serta giat dalam melayani Tuhan. Maka ketika Tuhan menjemput kita melalui kematian jasmani, kita akan berpindah kepada kehidupan sorgawi. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages