Memiliki Terang Hidup

 



Senin, 2 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 7-9


Yohanes 8:12 (TB)  Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."


Orang yang berjalan dalam kegelapan tidak tahu arah dan mudah tersesat. Ini berarti bukan saja dunia yang penuh dengan kegelapan tetapi banyak orang di dalamnya tidak memiliki terang dalam kehidupannya.


Yesus mengumpamakan dirinya sebagai terang dunia. Barangsiapa mengikut Yesus tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup. Apakah makna dari pernyataan Yesus tersebut?


1. Menjadi murid Yesus.
Kata mengikut di sini bukan berarti simpatisan atau pengagum, melainkan murid. Murid akan selalu bersama gurunya, belajar serta melakukan perintah gurunya. Demikian pula artinya sebagai murid Kristus, kita selalu mengalami persekutuan dengan Kristus (saat teduh) dan menuruti segala firman-Nya.


2. Mengisi Hidup dengan Firman Tuhan.
Firman Tuhan diumpamakan seperti pelita atau terang.
Mazmur 119:105 (TB)  Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.
Barangsiapa merenungkan serta memiliki Firman Tuhan dalam dirinya akan hidup dalam terang Tuhan. Memiliki hikmat dalam menjalani kehidupan sehari-hari serta menjauhkan diri dari kegelapan (dosa).


Mengapa banyak orang sulit membiasakan diri membaca dan merenungkan firman Tuhan? Ini semua terjadi karena belum menjadikan budaya ini sebagai prioritas dalam hidup mereka.


Matius 4:4 (TB)  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."


Marilah kita menyadari bahwa firman Tuhan adalah makanan rohani bagi kita dan barangsiapa memiliki firman Tuhan dalam dirinya akan memiliki terang hidup dan tidak berjalan dalam kegelapan. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages