Menemukan Pintu Untuk Penginjilan

 


Kamis, 12 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Kisah PR 16-18


Kisah Para Rasul 17:22-23 (TB)  Paulus pergi berdiri di atas Areopagus dan berkata: "Hai orang-orang Atena, aku lihat, bahwa dalam segala hal kamu sangat beribadah kepada dewa-dewa.
Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu.


Ketika masuk kota Atena di wilayah Yunani, Paulus dan Silas sangat sedih sebab kota itu penuh dengan patung-patung berhala. Paulus dan Silas diperhadapkan kepada sidang Aeropagus yaitu sidang para petinggi di kota Atena untuk mempertanggungjawabkan pengajarannya. Dengan penuh hikmat Paulus menemukan pintu untuk memberitakan Injil, yaitu ...


Kisah Para Rasul 17:23 (TB)  Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu.


Di antara mezbah untuk dewa-dewa orang Yunani, Paulus menemukan ada sebuah mezbah dengan tulisan: kepada Allah yang tidak dikenal. Inilah pintu bagi Paulus untuk memberitakan Injil bagi orang Yunani di Atena. Beberapa orang menjadi percaya tetapi banyak juga yang tidak percaya kepada Injil.


Kisah Para Rasul 17:32-34 (TB)  Ketika mereka mendengar tentang kebangkitan orang mati, maka ada yang mengejek, dan yang lain berkata: "Lain kali saja kami mendengar engkau berbicara tentang hal itu."
Lalu Paulus pergi meninggalkan mereka.
Tetapi beberapa orang laki-laki menggabungkan diri dengan dia dan menjadi percaya, di antaranya juga Dionisius, anggota majelis Areopagus, dan seorang perempuan bernama Damaris, dan juga orang-orang lain bersama-sama dengan mereka.


Penginjilan yang efektif adalah penginjilan yang menjawab kebutuhan. Seringkali pada awalnya kita berbicara tentang kehidupan sehari-hari dan menolong orang lain tetapi penutupnya memberitakan bahwa Yesus adalah Jalan, Tuhan dan Juru Selamat.


Ketika kita berjumpa dengan orang yang membutuhkan keselamatan, mintalah hikmat Tuhan ... apa yang mereka perlukan?
Apakah mereka membutuhkan sahabat untuk berbagi tentang kehidupan?
Apakah mereka membutuhkan penghiburan atau motivasi hidup?
Apakah mereka membutuhkan nasehat?
Apakah mereka membutuhkan kesembuhan?
Apakah mereka membutuhkan berkat atau kebutuhan yang lain?


Kenyataan menunjukkan banyak para pekerja Indonesia di luar negeri menjadi percaya. Hal ini disebabkan mereka menemukan orang percaya dari Indonesia yang membantu dan menolong adaptasi mereka di luar negeri. Kedekatan mereka seperti keluarga karena satu bangsa dan satu bahasa. Pintu kepada penginjilan terbuka sehingga banyak yang menjadi percaya kepada Tuhan.

Mintalah hikmat Tuhan dan temukanlah jalan untuk memberitakan Injil kepada orang lain. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages