Laki-laki Berambut Panjang

 


Selasa, 24 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 10-12


1 Korintus 11:14-15 (TB)  Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang,
tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung.


Dunia terbalik ... itulah yang sedang terjadi di akhir zaman. Karena alasan mode dan tren, banyak laki-laki memelihara rambutnya menjadi panjang, sebaliknya ada perempuan yang memotong rambutnya sampai "plontos".


Sebenarnya apa kata firman Tuhan?


1. Kehinaan bagi laki-laki berambut panjang.
Kepala laki-laki memancarkan kemuliaan Tuhan. Tetapi bila ia bertudung atau berambut panjang artinya menghina kepalanya. Ini bukan hanya kepala dalam arti diri sendiri, tetapi kepala dalam arti kepala jemaat atau Kristus.


1 Korintus 11:4 (TB)  Tiap-tiap laki-laki yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang bertudung, menghina kepalanya.


Bagi laki-laki berambut panjang atau gondrong menutupi kemuliaannya.
Mungkin Anda bertanya mengapa Yesus juga berambut panjang, seperti yang menjadi gambaran dalam lukisan-lukisan tentang Yesus? Jawabannya adalah karena Yesus mengambil rupa kehinaan dalam hidup manusia. Yesus telah mengambil posisi serendah-rendahnya menjadi manusia yang mengalami penghinaan, termasuk kehinaan berambut panjang (1 Kor 11:14).


Filipi 2:7-8 (TB)  melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.


2. Kehinaan bagi perempuan berambut "plontos".


1 Korintus 11:6 (TB)  Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.


Sebaliknya perempuan yang menggunting rambutnya sampai "plontos" merupakan kehinaan. Rambut bagi perempuan merupakan mahkota atau kehormatan.
1 Korintus 11:15 (TB)  tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung.


Mode dan gaya rambut tidak semuanya semua sesuai ajaran firman Tuhan. Keberadaan kita di dunia menjadi pembawa terang. Tetapi jika kita menjadi batu sandungan karena mode rambut kita, bagaimanakah kita dapat bersaksi tentang kasih Tuhan. Kita menyadari banyak alasan untuk menyanggah akan kebenaran ini. Dengan alasan hak azasi atau urusan pribadi, banyak orang berusaha membela dirinya.


1 Korintus 8:9 (TB)  Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.


Sama halnya dengan makanan jangan sampai kebebasan memilih mode rambut menjadi batu sandungan bagi orang lain.
Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages