Mengampuni



Kamis, 26 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Korintus 1-3


2 Korintus 2:10-11 (TB)  Sebab barangsiapa yang kamu ampuni kesalahannya, aku mengampuninya juga. Sebab jika aku mengampuni, — seandainya ada yang harus kuampuni —, maka hal itu kubuat oleh karena kamu di hadapan Kristus,
supaya Iblis jangan beroleh keuntungan atas kita, sebab kita tahu apa maksudnya.


Kita pasti pernah menerima perkataan maupun perlakukan yang menyakiti hati kita. Di saat itu ada pilihan yang ditawarkan yaitu mengampuni atau menyimpan kesalahan orang lain. Mengampuni artinya memaafkan dan melupakan segala kesalahan serta memulihkan hubungan. Sedangkan menyimpan kesalahan orang lain artinya tidak menerima (tetap merasa sakit), tetap mengingat-ingat dan tidak mau memulihkan hubungan.


Dampak dari mengampuni akan membuat hidup kita mengalami damai sejahtera dan sukacita. Sedangkan menyimpan kesalahan orang lain bukan hanya mengikat orang lain dalam kesalahan tetapi juga memenjarakan diri sendiri. Kepahitan atau kemarahan yang disimpan dalam hati akan menimbulkan berbagai duka, sakit penyakit bahkan iblis beroleh keuntungan. Keuntungan iblis antara lain melihat hidup orang yang tidak mengampuni menjadi menderita dan terpenjara oleh kepahitan, bisa menawarkan berbagai kejahatan bahkan menjadikan sebagai miliknya karena tidak mengalami pengampunan dari Tuhan.


Karya Tuhan Yesus di kayu salib adalah pesan utama Tuhan mengampuni kita. Banyak sekali ayat di Alkitab tentang mengampuni.


Matius 6:14-15 (TB)  Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.
Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."


Kolose 3:13 (TB)  Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.


Menyimpan kesalahan orang lain sama seperti menyimpan sampah bahkan racun yang akan merugikan diri kita sendiri.
Allah rindu kita hidup dalam kuasa dan berkat pengampunan. Dengan mengampuni kita mengalami sukacita, damai sejahtera serta menerima segala berkat yang Tuhan janjikan. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages