Orang Yang Dipuji Tuhan

 


Minggu, 29 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Korintus 10-13


2 Korintus 10:17-18 (TB)  "Tetapi barangsiapa bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan."
Sebab bukan orang yang memuji diri yang tahan uji, melainkan orang yang dipuji Tuhan.


Pada suatu hari hiduplah burung gagak bersama beberapa ekor burung yang lain. Mereka bersama-sama mencari ikan untuk dimakan, tetapi hanya burung gagak yang mendapatkannya. Burung-burung yang lain merasa lapar karena tidak mendapat makanan. Mereka bermaksud meminta sepotong kecil dari ikan tersebut, tetapi burung gagak menggigit kuat-kuat dengan paruhnya.


Burung-burung lain mencari ide untuk mendapatkan sebagian ikan dari burung gagak. Akhirnya mereka mendapatkan ide untuk memuji burung gagak supaya ia berkoar-koar. Mulailah mereka satu persatu memuji burung gagak. Akhirnya burung gagak membuka paruhnya bahkan memuji dirinya lebih daripada pujian burung-burung yang lain. Burung gagak berkata bahwa ia burung yang kuat, hebat dan pintar mencari makan. Tidak ada burung lain yang sehebat dirinya. Tanpa disadari oleh burung gagak, ikan yang tadinya digigit telah terlepas dan burung-burung yang lain mendapatkannya dan bersama-sama memakannya.


Apakah pesan moral dari cerita fabel tersebut?
Orang yang sombong, yang memuji dirinya sendiri rawan mengalami kejatuhan. Ia bisa menjadi gagal dan hancur karena kesombongannya.
Oleh sebab itu dalam ...
2 Korintus 10:18 (TB)  Sebab bukan orang yang memuji diri yang tahan uji, melainkan orang yang dipuji Tuhan.


Jadilah pribadi yang bukan memuji diri sendiri, sebaliknya selalu rendah hati. Biarlah Tuhan sendiri yang memuji kita. Sebab orang yang dipuji Tuhan, dialah yang tahan uji menghadapi setiap masalah dan pencobaan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages