Bekerja Dalam Kasih

 


Rabu, 25 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 13-15


1 Korintus 16:14 (TB)  Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!


Banyak motivasi orang dalam bekerja. Ada yang mengejar sukses dalam karir, kekayaan, aktualisasi diri dan memenuhi kehidupan sehari-hari. Bila tidak tercapai tujuan tersebut, beberapa orang menjadi kecewa, stres bahkan menyerah sehingga berhenti dari pekerjaan.


Kita akan belajar nasihat firman Tuhan, yaitu "lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih". Kasih menjadi motivasi utama dalam kita bekerja.


1. Kasih kepada Tuhan.
Pekerjaan yang kita lakukan merupakan ibadah kita untuk memuliakan Tuhan di dunia kerja. Motivasi ini akan mendorong kita untuk bekerja dengan jujur dan profesional sehingga nama Tuhan dipermuliakan.


2. Kasih kepada diri sendiri.
Ada batasan kemampuan diri dalam bekerja. Kasih kepada diri sendiri tidak akan bekerja melampaui kekuatan tubuh dan jiwa kita. Melampaui batas bisa menimbulkan sakit penyakit dan gangguan jiwa. Bekerjalah sesuai dengan kapasitas dan kemampuan diri, ini adalah tanda kita mengasihi tubuh dan jiwa kita.


3. Kasih kepada keluarga.
Motivasi sebagian besar orang dalam bekerja adalah untuk keluarga. Mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Ini adalah motivasi yang baik, tapi ingat harus seimbang antara waktu untuk bekerja dengan waktu untuk keluarga. Jangan sampai terjadi sibuk bekerja sehingga keluarga terabaikan.


4. Kasih kepada sesama.
Dalam bekerja kita berinteraksi dengan orang lain. Tanpa kasih kita akan bekerja bagai robot tanpa "touching" (sentuhan) kepada manusia. Pimpinan, sesama karyawan maupun orang-orang yang kita layani membutuhkan kasih dan perhatian. Kasih kepada sesama akan memampukan kita bekerja dengan profesional tetapi tetap memiliki rasa peduli dan empati.


Kiranya renungan ini semakin memotivasi kita dalam bekerja dengan benar, yaitu kasih kepada Tuhan, diri sendiri, keluarga dan sesama. Tuhan memberkati. (Ps.BW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages