Motivasi Mengikut Yesus

 


Minggu, 1 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 4-6


Yohanes 6:26 (TB)  Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.


Orang-orang berbondong-bondong mencari Yesus setelah peristiwa mujizat Yesus memberi makan lima ribu orang. Tetapi Yesus menegur mereka sebab mereka memiliki motivasi yang salah. Mereka bukan mencari Yesus tetapi mencari roti supaya mereka tidak perlu bekerja.
Yohanes 6:27 (TB)  Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya."


Dalam kehidupan kekristenan saat ini, banyak orang memiliki motivasi yang salah dalam mengikut Yesus.


1. Motivasi memperoleh berkat.
Memang berkat termasuk dalam janji Tuhan bagi orang percaya, tetapi bukan hal yang utama melainkan pelengkap. Jadi kalau hanya berharap menerima berkat akan membuat iman Kristen menyimpang dari tujuan Allah. Bila berkat yang dinantikan tidak sesuai dengan yang diharapkan akan menjadi kecewa dan meninggalkan Yesus.


2. Motivasi bukan mencari Yesus.
Banyak aspek dalam kehidupan dan pelayanan gereja bisa membuat kita tidak fokus kepada Yesus. Doktrin, program, agenda dan kesibukan dalam pelayanan bisa menggantikan posisi Yesus sebagai yang terutama. Akibatnya banyak aksi tetapi minim persekutuan dan pengenalan akan Tuhan secara pribadi. Hal ini ibarat membangun gedung tinggi tetapi pondasinya dangkal atau rapuh. Bila terjadi bencana (masalah) maka dengan mudah bangunan rohani yang didirikan menjadi runtuh.


Filipi 3:10 (TB)  Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya.


Marilah kita kembali kepada dasar iman kita. Miliki motivasi yang benar yaitu mengenal Yesus dan menyenangkan hati-Nya dengan melakukan segala firman-Nya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages