Karunia Tak Dapat Dibeli

 


Senin, 9 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Kis PR 7-9


Kisah Para Rasul 8:20 (TB)  Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang.


Seorang tukang sihir di Samaria bernama Simon, bertobat dan dibaptis kemudian mengikuti Filipus dalam memberitakan Injil. Simon amat takjub melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat besar yang terjadi. Demikian pula ketika Petrus menumpangkan tangan atas orang-orang, semuanya beroleh Roh Kudus. Simon sangat ingin memiliki karunia tersebut, sehingga ia menawarkan uang kepada para rasul supaya ia memperoleh karunia tersebut.


Mengapa Simon melakukan hal tersebut?


1. Simon mengejar tanda-tanda


Kisah Para Rasul 8:18-19 (TB)  Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
serta berkata: "Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus."


Ketika Simon masih menjalankan pekerjaan sebagai tukang sihir, tanda-tanda menjadi kekuatannya untuk menarik orang-orang sehingga menjadi pengikutnya. Setelah ia menjadi percaya ia melihat ada tanda-tanda ajaib yang memungkinkan juga orang mengikutinya, jika ia bisa menjadi seperti para rasul yang penuh karunia Allah. Oleh sebab itu ia mencoba menyuap atau menawarkan sejumlah uang kepada para rasul.


2. Simon hatinya tidak lurus


Kisah Para Rasul 8:20-23 (TB)  Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang.
Tidak ada bagian atau hakmu dalam perkara ini, sebab hatimu tidak lurus di hadapan Allah.
Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini;
sebab kulihat, bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan."


Simon masih memiliki hati yang jahat dan tidak lurus di hadapan Allah sekalipun telah percaya dan dibaptis. Ia tidak memiliki motivasi yang benar dalam mengikut Allah. Ia tidak memahami bahwa kasih karunia Allah merupakan harta sorgawi yang sangat mahal yang diberikan secara cuma-cuma kepada setiap orang yang sungguh-sungguh bertobat.


Roma 3:23-24 (TB)  Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.


Efesus 2:8-9 (TB)  Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.


Tidak ada uang sebesar apapun yang bisa membeli karunia Allah, tetapi orang yang memiliki hati yang benar, bertobat dan sungguh-sungguh percaya kepada Allah akan menerima karunia Allah dengan cuma-cuma. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages