Tidak Dibatasi Oleh Tulisan

 


Jumat, 6 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 19-21


Yohanes 21:25 (TB)  Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.


Alkitab yang terdiri dari 39 kitab di Perjanjian Lama dan 27 kitab di Perjanjian Baru yang sudah dikanonisasi (diseleksi dan diputuskan) oleh bapak-bapak gereja di abad awal sebagai firman Allah. Tetapi sesungguhnya masih begitu banyak kitab-kitab, kisah para rasul dan nabi serta orang percaya pada zamannya tentang karya Allah.
Hal ini membuktikan bahwa karya Allah tidak dapat dibatasi oleh tulisan.


Hal ini senada dengan kesaksian penulis kitab Ibrani.
Ibrani 11:32-38 (TB)  Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi,
yang karena iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, mengamalkan kebenaran, memperoleh apa yang dijanjikan, menutup mulut singa-singa,
memadamkan api yang dahsyat. Mereka telah luput dari mata pedang, telah beroleh kekuatan dalam kelemahan, telah menjadi kuat dalam peperangan dan telah memukul mundur pasukan-pasukan tentara asing.
Ibu-ibu telah menerima kembali orang-orangnya yang telah mati, sebab dibangkitkan. Tetapi orang-orang lain membiarkan dirinya disiksa dan tidak mau menerima pembebasan, supaya mereka beroleh kebangkitan yang lebih baik. 
Ada pula yang diejek dan didera, bahkan yang dibelenggu dan dipenjarakan. 
Mereka dilempari, digergaji, dibunuh dengan pedang; mereka mengembara dengan berpakaian kulit domba dan kulit kambing sambil menderita kekurangan, kesesakan dan siksaan.
Dunia ini tidak layak bagi mereka. Mereka mengembara di padang gurun dan di pegunungan, dalam gua-gua dan celah-celah gunung.


Apa yang harus kita lakukan dalam menyikapi firman Allah yaitu Alkitab?

1. Mengucap syukur, membaca, merenungkan serta melakukan firman Allah dalam kehidupan sehari-hari.

2. Belajar dan meneladani kisah hidup orang kudus sekalipun kisah mereka tidak tertulis dalam Alkitab. Namun jika kehidupan mereka sepadan dengan firman Allah, layaklah untuk diteladani.

3. Allah memang tidak dibatasi oleh tulisan, tetapi Alkitab yang tertulis saat ini bermanfaat sebagai pedoman untuk menguji segala sesuatu.


Allah yang tidak terbatas kiranya akan menyatakan perkara-perkara yang luar biasa dalam kehidupan kita. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages