Menghadapi Fanatisme Agama

 


Kamis, 5 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 16-18


Yohanes 16:1-2 (TB)  "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.
Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.


Yesus telah mengingatkan bahwa murid-murid-Nya akan memikul salib ditolak, dibenci bahkan dibunuh oleh orang-orang yang mengatasnamakan agama.


1. Fanatisme sempit agama 


Para pemimpin dan pengikut agama lain memiliki keyakinan bahwa dengan mengucilkan bahkan membunuh orang Kristen akan mendapatkan pahala dan menyangka bahwa ia berbuat bakti kepada Allah. Sampai saat ini keyakinan ini masih terus terjadi di antara mereka. Fanatisme dalam arti luas adalah memegang teguh ajaran agama tetapi dalam arti sempit adalah membenci bahkan membunuh pengikut agama lain. Terorisme adalah salah satu wujud fanatisme sempit agama.


2. Respon terhadap fanatisme sempit agama.


Yesus telah mengingatkan agar ketika kita menghadapi orang-orang yang memiliki fanatisme sempit agama, jangan kecewa dan menolak Yesus.
Semua ini adalah bagian dari memikul salib selama kita hidup.


Matius 5:10-12 (TB)  Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.
Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.
Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu."


Ada pengharapan upah yang besar yang akan kita terima di sorga.
Ibrani 10:35 (TB)  Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya.


Tetaplah bersyukur dan bertekun dalam iman kepada Kristus, meskipun dikucilkan, dibenci, ditolak bahkan dibunuh karena Kristus. Semua perlakuan ini tidak ada artinya bila dibanding dengan upah besar yang akan kita terima di sorga. Haleluya, greater blessing. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages