Dampak Memilih Anggota Tim

 



Rabu, 11 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Kisah PR 13-15


Kisah Para Rasul 15:37-39 (TB)  Barnabas ingin membawa juga Yohanes yang disebut Markus;
tetapi Paulus dengan tegas berkata, bahwa tidak baik membawa serta orang yang telah meninggalkan mereka di Pamfilia dan tidak mau turut bekerja bersama-sama dengan mereka.
Hal itu menimbulkan perselisihan yang tajam, sehingga mereka berpisah dan Barnabas membawa Markus juga sertanya berlayar ke Siprus.


Paulus dan Barnabas adalah sebuah tim pelayanan yang diutus oleh Tuhan.
Kisah Para Rasul 13:2 (TB)  Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."


Paulus dan Barnabas memberitakan Injil dari kota ke kota baik kepada orang Yahudi maupun bukan Yahudi.
Tetapi perselisihan tajam terjadi antara Paulus dan Barnabas mengenai siapa yang akan mereka bawa dalam pelayanan. Akhirnya Paulus dan Barnabas berpisah.


1. Barnabas membawa Markus.


Dalam hal ini Paulus tidak setuju sebab Markus (sebutan lain Yohanes) pernah meninggalkan mereka (lari dari pelayanan). Akan tetapi Barnabas tetap bersikukuh membawa Markus.


Kisah Para Rasul 13:13 (TB)  Lalu Paulus dan kawan-kawannya meninggalkan Pafos dan berlayar ke Perga di Pamfilia; tetapi Yohanes meninggalkan mereka lalu kembali ke Yerusalem.


Paulus berpendapatan bahwa Markus memiliki karakter yang tidak setia, tidak mau turut bekerja sama dengan mereka (Kisah PR 15:38). Markus adalah tipikal pelayan yang mudah menyerah dan tidak tahan uji.


Dampaknya kita tidak lagi menemukan kisah pelayanan Barnabas dan Markus sesudah perselisihan dengan Paulus. Ini membuktikan bahwa memilih orang yang salah dan memiliki karakter yang tidak baik ke dalam tim mengakibatkan tidak produktif dan mengalami kemunduran.


2. Paulus membawa Silas.


Karena berpisah dengan Barnabas akhirnya Paulus membawa Silas bersama-sama dalam pelayanan.
Silas memiliki karakter yang baik, seorang nabi dan sungguh nyata pengorbanannya bagi pemberitaan Injil.


Kisah Para Rasul 15:25-27 (TB)  Sebab itu dengan bulat hati kami telah memutuskan untuk memilih dan mengutus beberapa orang kepada kamu bersama-sama dengan Barnabas dan Paulus yang kami kasihi,
yaitu dua orang yang telah mempertaruhkan nyawanya karena nama Tuhan kita Yesus Kristus.
Maka kami telah mengutus Yudas dan Silas, yang dengan lisan akan menyampaikan pesan yang tertulis ini juga kepada kamu.


Kisah Para Rasul 15:32-33 (TB)  Yudas dan Silas, yang adalah juga nabi, lama menasihati saudara-saudara itu dan menguatkan hati mereka.
Dan sesudah beberapa waktu keduanya tinggal di situ, saudara-saudara itu melepas mereka dalam damai untuk kembali kepada mereka yang mengutusnya.


Buah pelayanan Silas sudah dapat dinikmati oleh jemaat sebelum menyertai pelayanan Paulus. Dampak dari pelayanan mereka sungguh luar biasa, dalam pasal selanjutnya di Kisah Para Rasul maupun surat-surat lain, mereka dipakai oleh Tuhan sebagai tim yang solid dalam pemberitaan Injil maupun penanaman jemaat.


Dari kisah tersebut kita belajar, pemilihan anggota tim sangat menentukan dampak dalam pelayanan. Jika kita memilih seseorang yang tidak memiliki karakter yang baik justru akan melemahkan tim sehingga menjadi tidak produktif bahkan mengalami kemunduran. Tetapi jika kita memilih seseorang yang memiliki karakter yang unggul akan menghasilkan kualitas tim yang teruji dan menghasilkan banyak buah. Marilah kita terapkan prinsip ini ke dalam pekerjaan maupun pelayanan. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages