Founding Father

 


Minggu, 22 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 4-6


1 Korintus 4:15 (TB)  Sebab sekalipun kamu mempunyai beribu-ribu pendidik dalam Kristus, kamu tidak mempunyai banyak bapa. Karena akulah yang dalam Kristus Yesus telah menjadi bapamu oleh Injil yang kuberitakan kepadamu.


Kita mungkin pernah mendengar istilah "founding father" tetapi belum mengerti dengan jelas artinya. Saat ini kita akan belajar bersama dengan nats tersebut sebagai dasarnya.


Secara umum "founding father" (diterjemahkan bapak pendiri) sering digunakan dalam kehidupan berbangsa, misalnya para pendiri negara. Atau juga pendiri organisasi baik perusahaan, yayasan maupun kerohanian. Generasi sesudahnya pada umumnya akan meneladani sikap hidup dan nilai-nilai "founding father"-nya.


Setelah ditanam oleh Paulus, jemaat di Korintus seakan kehilangan jati diri ketika ditinggal oleh Paulus karena misi selanjutnya. Mereka mempunyai ribuan pendidik dengan ajaran dan nilai hidup yang berbeda-beda. Kehidupan para pendidik mereka tidak dapat diteladani. Mereka membutuhkan sosok yang kuat, yang menanamkan nilai-nilai utama pada jemaat awal dan dapat diteladani. Melihat keadaan tersebut, pada waktu Paulus mengirimkan surat 1 Korintus, ia menegaskan bahwa sesungguhnya dialah  yang menjadi "founding father" bagi jemaat Korintus.


Mengapa setiap orang percaya membutuhkan sosok "founding father"?


1. Founding father akan menanamkan nilai-nilai hidup yang kuat dalam jemaat.


Dewasa ini kita bisa melihat banyak pengkotbah di Youtube dengan banyak ajaran, karakter dan nilai-nilai yang dibawa, tetapi tidak semuanya tepat jika diterapkan dalam kehidupan berjemaat. Founding father-lah yang bisa menentukan nilai-nilai hidup yang tepat bagi jemaat lokal.


2. Founding fahter akan memberikan kehidupan yang bisa diteladani.


Para pembicara, penginjil atau pengkotbah yang kita dengar ... mungkin pengajaran dan kotbah mereka bagus, tetapi kita tidak melihat keteladanan hidup mereka sehari-hari. Itulah sebabnya kita membutuhkan founding father dalam kehidupan kerohanian kita. Paulus meminta kepada jemaat Korintus agar mereka mengikuti teladannya. Meskipun Paulus di dalam penjara, ia akan mengutus Timotius untuk mengajarkan cara hidup Paulus.


1 Korintus 4:16-17 (TB)  Sebab itu aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku! 
Justru itulah sebabnya aku mengirimkan kepadamu Timotius, yang adalah anakku yang kekasih dan yang setia dalam Tuhan. Ia akan memperingatkan kamu akan hidup yang kuturuti dalam Kristus Yesus, seperti yang kuajarkan di mana-mana dalam setiap jemaat.


3. Founding father akan memberikan perlindungan rohani.


Kehidupan sehari-hari penuh dengan peperangan rohani sehingga kita membutuhkan payung rohani atau payung penggembalaan. Kita menundukkan diri kepada otoritas gereja lokal sehingga memastikan ada pemimpin dan orang-orang yang setiap hari berdoa bagi kita.


Ibadah jarak jauh atau online service saat ini berpotensi membawa jemaat menjauh dari gereja lokal, jika tidak memiliki sikap hati yang benar. Sebab para pengkotbah di luar sana mungkin jauh lebih bagus daripada gembalanya. Tetapi hanya gembalanya yang dapat melakukan sentuhan yaitu sapaan, perhatian, konseling dan nasehat.


4. Founding father memberikan nasehat, arahan dan kebersamaan dalam menghadapi masalah.


Jangan ragu dan jangan takut untuk sharing dengan gembala atau pemimpin Anda tentang kehidupan Anda. Mereka adalah orang-orang yang Tuhan tempatkan di atas Anda untuk melindungi, menasehati, mendoakan dan menguatkan Anda ketika menghadapi masalah.


Ibrani 13:17 (TB)  Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.


Bangsa yang besar tidak akan melupakan sejarah dan para pahlawan. Ketika Anda mengikatkan diri kepada sebuah gereja, Allah telah memberikan founding father kepada Anda. Jadilah seperti seorang anak yang memiliki ayah rohani. Di luar sana banyak ayah, tetapi di gereja lokal Tuhan telah menganugerahkan ayah rohani bagi Anda. Kiranya renungan ini memberkati, membuat kita bertumbuh dan semakin dewasa. Haleluya, greater blessing. (Ps.BW)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages