Memenuhi Kebutuhan Lahir Batin

 


Senin, 23 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 7-9


1 Korintus 7:3-4 (TB)  Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya.
Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.


Ketika seseorang menikah, kehidupannya tidak lagi milik pribadi melainkan telah menjadi milik pasangannya. Suami adalah milik isteri dan isteri adalah milik suami. Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi oleh suami isteri supaya pernikahan mereka menjadi langgeng. Berdasarkan ayat tersebut kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi?


1. Kebutuhan lahir atau materi.


Kebutuhan ini meliputi kebutuhan hidup sehari-hari. Oleh sebab itu suami harus bekerja atau bersama isteri sehingga ada pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegagalan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari seringkali menjadi pemicu konflik dalam rumah tangga. Demikian pula dapat menyebabkan perselingkuhan sehingga membuat hubungan rumah tangga semakin rumit sehingga banyak yang berakhir dengan perpisahan. Oleh sebab itu setiap suami, didukung isteri harus terus berusaha demi terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari.

2. Kebutuhan batin atau seksual.


Tujuan Tuhan menciptakan seksual dalam hubungan suami isteri adalah untuk kebahagiaan mereka berdua atau kepuasan batin. Oleh sebab itu baik suami maupun isteri harus senantiasa saling melayani dalam hal kebutuhan seksual. Isteri harus melayani suami, suami harus melayani isteri dalam hal berhubungan seksual. Jangan menolak oleh karena alasan tidak mood atau perasaan hati. Jangan pula menghukum pasangan atas kesalahan dengan menolak berhubungan intim.
Kecuali dalam keadaan sakit atau haid, penolakan kepada kebutuhan intim akan mengakibatkan rasa tertolak. Bila hal ini terus berlanjut akan sangat berbahaya sebab membuka peluang terjadinya perselingkuhan.


Dalam pernikahan baik suami maupun isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, oleh sebab itu berusahalah untuk senantiasa memberi pelayanan yang terbaik, baik untuk memenuhi kebutuhan materi maupun kebutuhan seksual.
Kiranya renungan ini menjadi tips yang memberkati setiap rumah tangga. Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages