Tahu Tapi Tidak Percaya

 



Sabtu, 14 November 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Kisah PR 22-24


Kisah Para Rasul 24:22 (TB)  Tetapi Feliks yang tahu benar-benar akan Jalan Tuhan, menangguhkan perkara mereka, katanya: "Setibanya kepala pasukan Lisias di sini, aku akan mengambil keputusan dalam perkaramu."


Feliks adalah Gubernur Romawi yang dikuasakan memerintah Provinsi Yudea. Ia berkuasa mengadili perkara yang berhubungan dengan pemerintahan dan kejahatan yang membahayakan ketenteraman masyarakat sipil.


Setelah Feliks mendengar kesaksian Paulus dalam persidangan, maka ia menangguhkan perkara tersebut atau dengan kata lain tidak segera mengambil keputusan. Hal ini terjadi karena Feliks tahu benar-benar akan Jalan Tuhan atau Kristen, tetapi tidak mau membela Paulus di depan rakyat. Feliks tahu benar tetapi tidak berani mengambil sikap dan menunjukkan imannya kepada Jalan Tuhan.


Sampai saat ini masih banyak orang yang sesungguhnya tahu benar-benar bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat, tetapi mereka tidak berani bersikap untuk percaya dan taat kepada Tuhan. Mengapa demikian?


1. Tidak berani memikul salib.
Mereka berpikir jika menjadi percaya dan menunjukkan imannya kepada Yesus, mereka akan kehilangan jabatan, karir,  pengikut dan masa depan. Di samping itu mereka takut menghadapi diskriminasi dan penganiayaan karena percaya kepada Yesus.


2. Tidak mau meninggalkan kesenangan hidup dalam dosa.
Kenikmatan hidup dalam dosa menghalangi seseorang untuk percaya dan taat kepada Tuhan sekalipun mereka percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat. Mereka berpikir kalau percaya dan mengikut Yesus, mereka tidak lagi bisa menikmati kesenangan hidup dalam dosa.


Banyak orang tahu kebenaran dan Jalan Tuhan di dalam Kristus, tetapi tidak mau percaya dan menunjukkan imannya kepada dunia. Ini menjadi refleksi bagi kita, sudahkah kita tahu dengan benar dan percaya kepada Jalan Tuhan yaitu Kristus. Jangan takut memikul salib dan jangan enggan meninggalkan kehidupan yang berdosa. Selamat berakhir pekan, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages