Tidak Takut Kabar Buruk



Kamis, 25 Juni 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 111-115

Mazmur 112:7 (TB)  Ia tidak takut kepada kabar celaka, hatinya tetap, penuh kepercayaan kepada TUHAN.

Daud menulis Mazmur 112 dengan pesan bahwa orang yang takut akan Tuhan akan bahagia, salah satu cirinya adalah tidak takut kepada kabar buruk.
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa terjemahan lain.
Mazmur 112:7 (FAYH)  Ia tidak takut akan kabar buruk dan tidak takut menghadapi apa pun yang mungkin terjadi karena ia yakin benar bahwa Yahweh, TUHAN, memelihara dia.
Mazmur 112:7 (BIMK)  Ia tidak takut menerima kabar buruk, hatinya teguh karena percaya kepada TUHAN.

Mengapa orang benar tidak takut kepada kabar buruk?

1. Hatinya teguh.
Artinya hatinya kuat, tidak mudah berubah-ubah atau terpengaruh oleh keadaan karena memegang janji-janji Tuhan. Pencobaan atau masalah bagaikan banjir atau badai yang datang menerjang rumah. Orang benar bagaikan rumah yang tetap kuat karena berdiri di atas pondasi yang benar dan bangunannya saling menopang. Orang benar hatinya teguh karena sungguh-sungguh berakar dalam firman Tuhan.

2. Percaya kepada pemeliharaan TUHAN.
Kabar buruk atau celaka yang dihadapi bisa berupa kejahatan, bencana, sakit penyakit dan resesi atau krisis ekonomi. Orang benar tetap percaya kepada perlindungan dan pemeliharaan Tuhan dalam hidupnya.
Hari-hari ini banyak orang masih dihantui kabar buruk yaitu belum terselesaikannya pandemi Covid-19, terutama di Indonesia belum tahu kapan akan berakhir. Sementara itu kondisi ekonomi baru akan pulih beberapa tahun kemudian. Otomatis sektor ekonomi akan sulit bertumbuh, penggangguran masih tinggi dan PHK masih terjadi. Apakah semua itu akan membuat kita takut?

Semua respon yang timbul dari diri kita bergantung siapa kita. Apakah kita orang yang takut akan Tuhan atau orang duniawi yang tidak mengandalkan Tuhan? Jika kita menjadi orang benar yaitu orang yang takut akan Tuhan, maka kita tidak akan takut menghadapi kabar buruk sebab hati kita teguh percaya kepada Tuhan dan kepada pemeliharaan-Nya dalam hidup kita. Tetap semangat, Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages