Tanda Mengasihi Tuhan



Senin, 22 Juni 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 96-100

Mazmur 97:10 (TB)  Hai orang-orang yang mengasihi TUHAN, bencilah kejahatan! Dia, yang memelihara nyawa orang-orang yang dikasihi-Nya, akan melepaskan mereka dari tangan orang-orang fasik.

Hai orang-orang yang mengasihi Tuhan, bencilah kejahatan! (Mazmur 97:10a). Ini adalah tanda utama seseorang mengasihi Tuhan.

1. Membenci kejahatan
Yaitu menjauhi dosa dan perbuatan jahat.
Istilah lain yang digunakan dalam Alkitab adalah takut akan Tuhan.
Amsal 8:13 (TB)  Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.
Yohanes 3:20 (TB)  Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak;

2. Melakukan perintah-Nya.
Yohanes 14:21 (TB)  Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."

3. Mengasihi orang lain.
1 Yohanes 4:20 (TB)  Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.


Mengasihi Tuhan tidak cukup diwujudkan dengan ucapan bibir atau ibadah saja, melainkan dengan sikap perbuatan yang nyata yaitu membenci (menjauhi) dosa/kejahatan, melakukan perintah Tuhan dan mengasihi sesama. Mari kita renungkan kehidupan kita masing-masing, apakah sudah dengan sungguh-sungguh mengasihi Tuhan. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



2 komentar:

Pages