Janji Tuhan Murni



Jumat, 5 Juni 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 11-15

Mazmur 12:7 (TB)  Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah.

Alkitab berisi janji-janji Tuhan yang tertulis. Kita bisa mempercayai dan mengalami janji-janji Tuhan yang tertulis di dalamnya. Manusia bisa lupa, lalai atau mengingkari janjinya, tetapi Tuhan setia dan memegang perjanjian-Nya.
2 Tawarikh 6:14 (TB)  sambil berkata: "Ya TUHAN, Allah Israel! Tidak ada Allah seperti Engkau di langit dan di bumi; Engkau yang memelihara perjanjian dan kasih setia kepada hamba-hamba-Mu yang dengan segenap hatinya hidup di hadapan-Mu;

Berdasarkan arti dan sinonim dari kata janji maka kita bisa mendefinisikan janji Tuhan adalah:

1. Suci (kudus)
Yaitu bersih, tidak bernoda, tidak berdosa. Tidak ada bagian atau keikutsertaan dosa atau iblis dalam janji Tuhan maupun penggenapannya.

2. Asli
Yaitu otentik, seperti apa adanya. Tidak ada kepalsuan, tipu daya atau kepura-puraan dalam janji Tuhan.

3. Tidak berubah
Yaitu kekal dan tetap sama. Tuhan tidak berubah-ubah dalam memberi perjanjian dan penggenapannya. Ia setia dari awal sampai akhir.

4. Berharga
Yaitu mulia, indah, bernilai tinggi dan agung. Sifatnya yang kekal dan kudus membuat janji Tuhan diumpamakan seperti logam mulia yang murni.

5. Sempurna
Yaitu tiada cacat dan cela, melebihi akal pikiran manusia. Janji Tuhan adalah rencana Tuhan yang sempurna bagi kehidupan manusia.
Mazmur 18:31 (TB)  Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.

Penggenapan janji Tuhan harus dilihat dari perspektif (sudut pandang) Tuhan bukan perspektif manusia.
2 Petrus 3:9 (TB)  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.


Begitu suci, asli, tak berubah, berharga dan sempurnya janji Tuhan yang tertulis dalam Alkitab, marilah kita senantiasa merindukan untuk merenungkan dan melakukan firman Tuhan. Penggenapan janji akan digenapi bila kita hidup taat dan setia sesuai firman Tuhan. Sebagaimana perjanjian dibuat oleh dua pihak, Tuhan berjanji maka jika kita hidup sesuai dengan isi perjanjian-Nya, maka kita akan mengalami penggenapan segala janji Tuhan. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages