Dimulai Dari Yerusalem Kita




Sabtu, 27 Juni 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 121-125

Mazmur 122:6 (TB)  Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: "Biarlah orang-orang yang mencintaimu mendapat sentosa."

Dalam Alkitab PL, Yerusalem adalah pusat penyembahan bangsa Israel. Bagi para pengagum Yudaisme, maka dengan mudah akan berkata untuk berdoa bagi Israel secara fisik sebagai suatu bangsa. Tetapi sesungguhnya jika diaplikasikan bagi orang Kristen di seluruh dunia, apakah arti Yerusalem yang sesungguhnya?

1. Yerusalem adalah keluarga kita.

Tuhan merindukan setiap keluarga beribadah kepada Tuhan. Gereja (persekutuan orang percaya) dimulai dari keluarga. Seharusnya keluarga kita menjadi pusat penyembahan dan pelayanan kita kepada Tuhan. Kita tidak akan bisa melayani orang lain dengan baik, jika kita tidak bisa melayani keluarga sendiri dengan baik. Bangunlah mezbah doa keluarga kita menjadi pusat penyembahan dan pelayanan kepada Tuhan. Jagalah kekudusan setiap anggota keluarga, menjadi kediaman Tuhan yang menyatakan kemuliaan-Nya.
Keluarga seringkali menggambarkan hubungan Kristus dengan jemaat. Oleh sebab itu biarlah keluarga kita selalu dipenuhi kasih satu dengan yang lain, sehingga bisa menjadi berkat bagi banyak orang.

Efesus 5:32-33 (TB)  Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.
Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

2. Yerusalem adalah keluarga rohani.

Keluarga rohani yang maksud adalah eklesia (gereja), yaitu persekutuan orang percaya. Kita memang harus mengasihi semua orang (sesama kita), tetapi harus dimulai terlebih dahulu dengan mengasihi saudara-saudara seiman. Sudahkah kita peduli, berdoa dan membantu jemaat yang sedang mengalami kesulitan?
Galatia 6:10 (TB)  Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.

Kitab Wahyu menulis tentang Yerusalem baru, yaitu gereja yang kudus turun dari Sorga. Ini adalah gambaran orang percaya yang telah berada di Sorga, mereka akan turun bersama Kristus pada saat kedatangan Kristus yang kedua untuk menjemput orang percaya di atas muka bumi. Jelas bahwa Yerusalem rohani adalah gereja.
Wahyu 21:2 (TB)  Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

3. Berdoalah dan usahakanlah kesejahteraan Yerusalem.

Mazmur 122:6 (TB)  Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: "Biarlah orang-orang yang mencintaimu mendapat sentosa."
Yang dimaksudkan dalam ayat tersebut berarti kita harus berdoa, mengasihi dan mengusahakan kesejahteraan keluarga maupun gereja. Setiap orang yang melakukannya akan mendapatkan sentosa (kekuatan) dari Tuhan.
Mari kita belajar taat kepada Tuhan, melakukan bagian kita supaya di rumah Tuhan tersedia makanan. (Maleakhi 3:10).

Ketika kita dengan setia mengasihi dan mengusahakan "Yerusalem kita" yaitu keluarga dan gereja kita, maka Tuhan akan memperluas kapasitas kita untuk menjadi berkat bagi banyak orang bahkan bagi bangsa-bangsa. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages