Ekspresi Mengangkat Tangan



Senin, 29 Juni 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 131-135

Mazmur 134:2 (TB)  Angkatlah tanganmu ke tempat kudus dan pujilah TUHAN!

Kita percaya bahwa pujian penyembahan harus dikembalikan sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Salah satu ekspresi dalam kita memuji dan menyembah Tuhan adalah dengan mengangkat tangan. Marilah kita memahami arti mengangkat tangan berdasarkan bahasa sehari-hari.

1. Mengangkat tangan berarti tanda berserah kepada Tuhan.
Tanda seseorang tunduk atau menyerah kepada pribadi dengan kuasa lebih tinggi adalah dengan mengangkat tangan. Konotasi negatif bisa terjadi pada buronan yang menyerah kepada polisi, musuh kepada tentara atau orang yang lebih berkuasa. Tetapi dalam konotasi positif adalah kita sebagai umat menyerah kepada Tuhan. Kita serahkan hidup kita, keluarga, pekerjaan, studi, pelayanan dan masa depan kita kepada Tuhan.

2. Menyerah berarti ekspresi kerinduan dan harapan.
Bagi kita yang telah menjadi orang tua pasti mengalami saat anak-anak kita ingin digendong, dipeluk atau didekap. Ekspresi yang mereka tunjukkan adalah dengan mengulurkan atau mengangkat tangan kepada kita. Demikianlah kerinduan kita kepada Tuhan, begitu rindu dan haus akan Tuhan sehingga kita mengangkat tangan kepada-Nya.

3. Mengangkat tangan berarti menunjukkan diri kepada Tuhan.
Dalam suasana kelas seringkali guru bertanya tentang kehadiran muridnya atau bertanya siapakah yang bisa menjawab pertanyaan atau tugas yang diberikan. Maka murid akan mengangkat tangan, menunjukkan bahwa dialah yang dimaksud. Demikian pula saat kita mengangkat tangan kepada Tuhan sesungguhnya kita berkata, "Tuhan ini aku, aku mengasihi-Mu, aku mau taat kepada-Mu, aku mau menjawab panggilan-Mu, aku mau lebih dekat dengan-Mu."

4. Mengangkat tangan berarti tanda meminta pertolongan.
Salah satu tanda seseorang yang minta pertolongan adalah dengan mengangkat tangan. Misalnya seseorang yang mau tenggelam atau berada dalam bahaya. Sebagai tanda kesungguhan kita membutuhkan pertolongan Tuhan, maka ekspresi mengangkat tangan bisa kita lakukan dengan sungguh-sungguh.

5. Mengangkat tangan berarti mengelu-elukan.
Pernahkah kita melihat pertunjukan sepak bola atau musik yang hingar bingar. Demikian juga konser artis favorit misalnya K-Pop, mereka akan menjulurkan tangan demi dijamah oleh artis pujaannya. Saat kita mengangkat tangan kepada Tuhan, merupakan salah satu ekspresi untuk mengelu-elukan Tuhan yang besar, yang berkuasa dan berdaulat atas hidup kita.


Kita tidak perlu malu mengangkat tangan saat memuji dan menyembah Tuhan, sebab yang kita lakukan adalah Alkitabiah atau sesuai firman Tuhan. Selain dalam pertemuan ibadah, secara pribadi pun kita bisa mengangkat tangan menunjukkan keintiman kita dengan Tuhan. Biarlah beberapa pengertian tersebut di atas bisa menambahkan pemahaman yang benar sehingga kita tidak ragu-ragu saat mengangkat tangan kepada Tuhan. Haleluya, selamat mengawali aktifitas sepanjang minggu ini, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages