Yang Muda Menjadi Teladan



Sabtu, 9 Desember 2017

1 Timotius 4:12 (TB) Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

Dunia menganggap usia muda kurang berpengalaman dan cenderung direndahkan. Yang senior sering meremehkan yang yunior. Demikian pula yang masih muda dan baru beberapa tahun menjadi percaya sering merasa inferior dan kurang percaya diri di hadapan orang yang lebih senior dalam iman. Akan tetapi Paulus menulis suratnya bahwa orang muda atau petobat baru bisa juga menjadi teladan.

Menjadi teladan bukan berdasar kepada pengalaman atau penguasaan pengetahuan Alkitab, melainkan kepada sikap hati. Sehingga seseorang yang muda atau baru percaya juga memiliki kesempatan untuk menjadi teladan.
Sikap apa saja yang bisa menjadi teladan?

1. Dalam perkataan
Memiliki perkataan yang kudus dan menjauhi perkataan kotor. Bisa dipegang perkataannya karena selalu menepati janji, perkataan selaras dengan perbuatan.

2. Dalam tingkah laku
Tidak menjadi batu sandungan dan melakukan firman Tuhan serta menjadi berkat melalui perbuatan.

3. Dalam kasih
Memiliki ketulusan dan belas kasih ilahi bagi orang lain.

4. Dalam kesetiaan
Setia kepada Tuhan, keluarga, gereja dan pemimpin serta dalam pekerjaan. Tidak mudah menyerah ketika menghadapi masalah.

5. Dalam kesucian
Hidup dalam kekudusan, tidak mencemarkan diri dengan pemyembahan berhala maupun kemesuman. Selalu memikirkan yang kudus, benar dan mulia.

Filipi 4:8 (TB) Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Kelima hal tersebut merupakan karya Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya. Sekalipun masih muda tetapi jika mau membuka diri untuk Roh Kudus berkarya, maka akan terjadi perubahan sikap yang nyata. Perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan dan kesucian selalu terpancar. Akan lebih layak diteladani daripada orang yang lebih senior tetapi tidak mengijinkan Roh Kudus berkarya dalam hidupnya.

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages