Sikap Anti Stress



Kamis, 7 Desember 2017

1 Tesalonika 5:16-18 (TB) Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa.
Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Setiap orang memiliki permasalahnya sendiri. Kadar kesulitannya berbeda-beda. Pada umumnya permasalahan dalam keluarga, pekerjaan dan keuangan mendominasi permasalahan setiap orang. Stress dapat diartikan sebagai tekanan. Tekanan yang berat bila tidak disikapi dengan bijaksana akan membuat seseorang putus asa.

Firman Tuhan memberi nasehat yang indah agar kita terbebas dari stress:

1. Bersukacitalah senantiasa
Sukacita lahir dari hati adalah buah Roh Kudus. Bila kita dalam persekutuan dengan Tuhan, maka kita tetap bisa bersukacita sekalipun ada banyak kebutuhan yang belum terpenuhi. Sukacita meluap dalam hati dan diekpresikan melalui mimik muka, perkataan dan tindakan. Bersukacitalah senantiasa artinya meliputi segala keadaan dan waktu.

2. Tetaplah berdoa
Doa merupakan hubungan dengan Tuhan sebagai sumber kekuatan. Ada kalanya karena masalah yang berat, kita menjadi lemah. Itulah sebabnya kita harus tetap berdoa supaya kekuatan dari Tuhan senantiasa memenuhi hidup kita. Tuhan hanya sejauh doa. Saat kebutuhan kita belum terpenuhi tetaplah berdoa. Sikap dalam doa adalah PUSH (Pray Until Something Happen), berdoalah sampai sesuatu terjadi.

3. Mengucap syukurlah dalam segala hal.
Tuhan menghendaki agar kita mengucap syukur dalam segala hal baik suka maupun duka. Bahkan dalam masalah karena kita percaya ada berkat yang tersembunyi di balik masalah. Kita akan mengalami mujizat bila ada masalah. Bersyukurlah untuk semua yang ada pada kita sekalipun belum seperti yang kita harapkan. Sikap bersyukur akan membuat kita rendah hati dan percaya kepada Tuhan.

Janganlah seperti orang dunia, ketika stress datang lari dari masalah dan berperilaku buruk. Ketika tekanan atau masalah datang, bersukacitalah senantiasa, tetaplah berdoa dan mengucap syukurlah dalam segala hal. Amin. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages