Finish Well



Senin, 11 Desember 2017

2 Timotius 4:7 (TB) Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

Banyak orang yang memulai sebuah pekerjaan atau pelayanan dengan menggebu-gebu tetapi tidak dapat menyelesaikan dengan baik. Perlombaan rohani yang sedang kita jalani bukanlah jarak pendek yang memerlukan kecepatan melainkan jarak jauh yang memerlukan ketekunan dan perjuangan.
Di tengah perjalanan tentu banyak godaan dan tantangan yang dapat mempengaruhi tujuan iman kita. Bila tidak fokus kita dapat menyimpang ke kanan dan ke kiri yang membuat perjalanan kita tidak efektif dan bahkan tersesat.

Dalam pertandingan iman, ada tiga hal yang harus dilakukan supaya bisa finish well (menyelesaikan dengan baik).

1. Mengakhiri pertandingan yang baik.
Berbicara mengenai sikap sepanjang pertandingan. Taat pada peraturan, berperilaku elegan dan memiliki semangat. Tidak ada jalan pintas bagi seorang juara. Tidak ada kemalasan, korupsi dan menghalalkan segala cara dalam kamus seorang yang diberkati Tuhan.

2. Mencapai garis akhir.
Pertandingan iman memang panjang dan terkadang sangat melelahkan, tetapi kita tidak boleh menyerah di tengah jalan. Tetaplah berjuang mencapai garis akhir sampai Tuhan memanggil kita pulang ke Sorga. Kita adalah utusan Sorgawi di dunia, apabila sudah menyelesaikan tugas ilahi pastilah kita akan pulang ke Sorga.

3. Memelihara iman.
Iman bagaikan tongkat estafet dalam pertandingan lari. Apabila sampai garis finish tetapi kehilangan tongkat estafet, sia-sialah pertandingan yang telah dijalani. Oleh sebab itu peganglah iman dengan kuat, peliharalah dan pertahankan sampai akhir hidup kita. Iman akan kita persembahkan pada hari kita menghadap Tuhan di Sorga.

Tuhan kita adalah pribadi yang selalu finish well atau menyelesaikan dengan baik. Di kayu salib perkataan terakhir Yesus sebelum menyerahkan nyawanya adalah "sudah selesai" (Yoh 19:30).
Dalam setiap rencana-Nya, Tuhan memulai sesuatu dengan baik dan akan menyelesaikannya sampai pada akhirnya.

Filipi 1:6 (TB) Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Banyak hal telah Anda mulai bersama Tuhan. Anda telah memulai dalam roh, jangan mengakhiri di dalam daging. Sesuatu yang telah Anda mulai dengan baik, akhirilah dengan kemenangan. Segala pujian bagi Tuhan. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages