Pengakuan Dosa



Kamis, 21 Desember 2017

1 Yohanes 1:9 (TB) Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Dalam beberapa bulan terakhir publik disuguhkan dengan drama seorang yang bernama SN, tersangka korupsi KTP Elektronik. Dengan berbagai cara ia berusaha lolos dari jeratan hukum. Namun publik menduga bahwa sikapnya penuh dengan rekayasa. Padahal bukti-bukti cukup kuat yang menyatakan keterlibatannya. Seorang pengamat hukum mengatakan, sikap yang berbelit-belit dan menghalangi persidangan dapat memperberat hukumannya. Lain cerita dengan para tersangka lain yang sudah melalui persidangan, para umumnya mereka mengakui dan menyesali perbuatan mereka. Sikap mereka yang kooperatif akan meringankan vonis hukuman yang akan diberikan. Buktikan tentang hal tersebut di akhir kasus ini.

Kita semua akan menghadap pengadilan Kristus. Setiap orang akan mempertanggungjawabkan perbuatannya selama hidup.

2 Korintus 5:10 (TB) Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Tuhan akan mempertimbangkan segala sikap kita atas dosa-dosa yang kita perbuat. Tuhan bukan saja meringankan hukuman, tetapi mengampuni semua dosa kita apabila kita mengakuinya dan bertobat. Ada dua kebijaksanaan Tuhan terhadap dosa, yaitu:

1. Tuhan adalah adil
Tuhan akan menghukum semua orang berdosa sesuai perbuatan-Nya.

2. Tuhan adalah setia
Tuhan akan mengampuni setiap orang yang mengakui dan menyesali dosanya.

Jadi, apa yang harus kita lakukan? Ya mengakui dan menyesali setiap dosa kita. Ini berarti tidak menyembunyikan dosa di hadapan Tuhan dan bertobat tidak melakukan dosa lagi. Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Hanya satu saja dosa yang tidak bisa Dia ampuni, yaitu dosa yang tidak diakui. Oleh sebab itu jangan keraskan hati ketika Tuhan menegur kita atas dosa-dosa kita, segera akui dan bertobatlah. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages