Kaleidoskop Pribadi



Sabtu, 30 Desember 2017

Yesaya 43:18-19 (TB) firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala!
Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

Di akhir tahun biasanya stasiun TV memutar kaleidoskop selama setahun.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kaleidoskop yang dimaksud adalah aneka peristiwa yang telah terjadi yang disajikan secara singkat. Aneka peristiwa itu adalah momen-momen yang penting yang telah terjadi selama setahun.

1. Mengingat bukan berarti terikat.

Adalah bijaksana mengingat dengan tujuan memperoleh hikmat dan pelajaran. Tetapi akan menjadi sebuah ikatan apabila tidak bisa lepas dari peristiwa tersebut. Masih ada penyesalan atau kesedihan yang mendalam. Bahkan juga kebanggan yang berlebihan. Istilah sekarang belum "move on". Firman Tuhan jangan ingat-ingat lagi bukan berarti kita kehilangan memori untuk mengingat, tetapi jangan lagi hidup di masa lampau.

2. Hiduplah dalam kenyataan.

Kenyataan adalah segala keadaan dan peristiwa yang sedang kita hadapi saat ini. Kita harus fokus dan jangan terobsesi masa lalu. Hidup dalam masa lalu yang membanggakan atau mengecewakan akan membuat kita lari dari kenyataan sehingga tak kuasa menghadapi masalah dan tantangan dalam kehidupan.

3. Masa depan adalah harapan.

Berbagai harapan di tahun depan bisa kita tulis, diimani dan didoakan. Ya sebuah harapan seringkali tidak masuk akal, tetapi kita berharap bahwa semuanya mungkin terjadi. Itulah iman. Jangan percaya prediksi dan harapan dunia yang bisa membuat iman kita lemah. Percayalah kepada janji Tuhan yang tidak pernah berubah. Di dalam Tuhan kita mengalami mujizat dan pemeliharaan Tuhan yang luar biasa.

Masa lampu adalah sejarah yang mengandung pelajaran, tetapi hari ini adalah kenyataan dan masa depan adalah harapan. Ambillah hikmat dalam setahun yang kita lewati, hadapi kenyataan yang ada dan songsonglah masa depan dengan penuh iman dan harapan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages