Tugas Para Pemimpin Rohani



Senin, 4 Desember 2017

Efesus 4:11 (TB) Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, ...

Allah mendesain gereja dengan kepemimpinan jamak yang saling melengkapi. Mereka bukanlah orang-orang yang superior namun keberadaan mereka untuk pertumbuhan jemaat. Oleh sebab itu janganlah tugas dalam pelayanan hanya diserahkan kepada para pemimpin, melainkan setiap jemaat harus terlibat melalui bimbingan dan arahan dari para pemimpin.

Ada lima jawatan rohani yang ditulis dalam kitab Efesus ini yaitu rasul-rasul, nabi-nabi, pemberita-pemberita Injil, gembala-gembala dan pengajar-pengajar. Tugas mereka adalah :

1. Memperlengkapi jemaat dalam pelayanan dan pembangunan tubuh Kristus. (Efesus 4:12)

2. Membawa jemaat kepada pertumbuhan dan kedewasaan rohani. (Efesus 4:13)

3. Membangun jemaat memiliki iman yang teguh. (Efesus 4:14-15)

4. Menyatukan dan melibatkan jemaat dalam pelayaan. (Efesus 4:16)

Gereja yang bertumbuh bukan saja ditandai pertumbuhan kuantitas, tetapi harus diawali dengan pertumbuhan kualitas yaitu tumbuhnya para pemimpin baru. Pemimpin yang lahir bukan merupakan kompetitor dalam pelayanan, tetapi mereka adalah mitra dan penerus tongkat estafet dalam pelayanan.

Jadi apa yang kita lakukan? Miliki kemauan untuk terus belajar, memperlengkapi iman dengan pengajaran firman Tuhan dan mulailah melayani sesuai dengan karunia dan kerinduan yang Tuhan berikan dalam hati kita masing-masing. Together forward. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages