Tuhan Yang Besar dan Perkasa


Selasa, 20 Agustus 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 31-33

Yeremia 32:18-19 (TB)  Engkaulah yang menunjukkan kasih setia-Mu kepada beribu-ribu orang dan yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya yang datang kemudian. Ya Allah yang besar dan perkasa, nama-Mu adalah TUHAN semesta alam, 
besar dalam rancangan-Mu dan agung dalam perbuatan-Mu; mata-Mu terbuka terhadap segala tingkah langkah anak-anak manusia dengan mengganjar setiap orang sesuai dengan tingkah langkahnya dan sesuai dengan buah perbuatannya; 

Kita bersyukur karena oleh anugrah-Nya kita percaya dan menjadi umat Tuhan. Bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang besar dan perkasa, Tuhan semesta alam.

1. Tuhan penuh kasih dan keadilan.

Tuhan menunjukkan kasih-Nya kepada beribu-ribu orang, tetapi Tuhan juga adil yang mengadili orang-orang menurut perbuatannya.

Mazmur 145:17 (TB)  TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya. 

2. Rancangan Tuhan besar

Kebesaran rancangan Tuhan jauh lebih besar dan lebih sempurna daripada rancangan manusia atau robot/mesin. Rancangan Tuhan tidak bisa diselami tetapi pasti digenapi. Tuhan memanggil kita untuk menggenapi rancangan-Nya yang besar dalam kehidupan kita.

Efesus 2:10 (TB)  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

3. Perbuatan Tuhan agung

Artinya suci, mulia, besar, terpuji, ternama dan dimuliakan di seluruh bumi. Keagungan perbuatan-Nya jauh melebihi apa yang manusia bisa kerjakan. Seluruh alam semesta ini diciptakan Tuhan dengan sempurna. Sebab itu marilah kita menundukkan diri kepada Tuhan. Jangan menjadi sombong dan merasa bisa melakukan segala sesuatu tanpa Dia.

4. Mata Tuhan terbuka terhadap semua orang.

Kita mungkin bisa menyembunyikan isi hati, perkataan dan tingkah laku kita di hadapan semua orang, tetapi kita tidak dapat lari dari hadapan Tuhan.

Mazmur 139:7-10 (TB)  Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? 
Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau. 
Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, 
juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku. 

5. Tuhan mengganjar setiap orang menurut perbuatannya.

Setiap perbuatan kita pasti ada akibatnya. Perbuatan yang baik akan menerima berkat sedangkan perbuatan yang buruk akan menerima kutuk. Kiranya dijauhkan daripada kita segala perbuatan yang melanggar firman Tuhan.

Wahyu 22:12 (TB)  "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya."

Marilah kita menjadi orang Kristen yang selalu memuliakan Tuhan yang besar dan perkasa melalui sikap hidup kita sehari-hari. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages