Tidak Ada Pilihan Baik


Sabtu, 24 Agustus 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 43-45

Yeremia 43:11 (TB)  Dan apabila ia datang, ia akan memukul tanah Mesir: Yang ke maut, ke mautlah! Yang ke tawanan, ke tawananlah! Yang ke pedang, ke pedanglah! 

Orang-orang Yehuda yang pergi ke Mesir tidak memiliki pilihan yang baik, artinya semua menuju kepada kutuk atau penghukuman.

Yeremia 43:11 (BIMK)  Nebukadnezar akan datang dan mengalahkan Mesir. Dan orang-orang yang telah ditentukan untuk mati karena wabah penyakit akan mati karena wabah penyakit. Mereka yang ditentukan untuk diangkut sebagai tawanan akan diangkut sebagai tawanan, dan yang ditentukan untuk tewas dalam peperangan akan tewas dalam peperangan. 

Tiga pilihan yang mereka hadapi adalah:
1. Maut atau kematian karena wabah penyakit.
2. Tawanan yaitu menjadi tawanan atau budak baik dari orang Mesir maupun bangsa-bangsa yang menaklukkan Mesir.
3. Pedang artinya kematian karena peperangan.

Mengapa tidak ada pilihan yang baik?
Sebab pergi ke Mesir berarti:

1. Mengandalkan manusia

Orang-orang Mesir mengandalkan kepandaian, kemampuan manusia serta segala hal yang bersifat lahiriah.

Yeremia 17:5-6 (TB)  Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! 
Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk. 

2. Menyembah berhala

Di Mesir semua orang menyembah tugu-tugu berhala Bet-Syemes, kuil-kuil lara allah serta ratu sorga.

Yeremia 44:23 (TB)  Kamu telah membakar korban dan kamu telah berdosa kepada TUHAN, tidak mendengarkan suara TUHAN dan tidak mengikuti Taurat-Nya, ketetapan-Nya dan peraturan-Nya, itulah sebabnya malapetaka ini menimpa kamu, seperti yang ternyata sekarang ini."

Semua orang yang meninggalkan Tuhan dengan mengandalkan manusia dan menyembah berhala tidak memiliki pilihan yang baik dalam hidupnya. Sebab itu tinggalkan semuanya dan kembalilah kepada Tuhan maka akan mengalami berkat dan pemulihan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages