Memikul Beban Pada Masa Muda


Selasa, 27 Agustus 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Ratapan 1-3

Ratapan 3:27 (TB)  Adalah baik bagi seorang pria memikul kuk pada masa mudanya. 

Seseorang berkata masa muda adalah masa yang bebas melakukan apa saja. Tetapi yang benar masa muda adalah masa untuk belajar dan menyiapkan diri untuk kehidupan di masa depan.

1. Di masa depan seseorang akan dituntut untuk mandiri, bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan terlepas dari ketergantungan terhadap orang tua.

2. Di masa depan seseorang akan memikul beban yang lebih berat baik dalam keluarga maupun pekerjaan.

3. Di masa depan akan banyak masalah yang jauh lebih berat dan lebih kompleks dibandingkan dengan masalah yang dialami di masa muda.

Tanpa mau belajar memikul beban di masa muda, seseorang bisa menjadi lemah dan putus asa menghadapi beban di masa depan. 

Dalam terjemahan Bahasa Indonesia Masa Kini, kata "memikul beban" diartikan sebagai "belajar menjadi tabah".
Ratapan 3:27 (BIMK)  baiklah kita belajar menjadi tabah pada waktu masih muda. 

Artinya tidak mudah menyerah menghadapi masalah dan kesulitan. Seseorang yang naik kelas, apabila berhasil mengatasi suatu masalah maka akan menghadapi masalah berikutnya yang jauh lebih besar. 

Sebab itu anak muda, belajarlah taat dan disiplin, giat dalam organisasi atau pelayanan, giat belajar dari orang-orang yang lebih berpengalaman. Dan ... jangan mudah menyerah menghadapi masalah apapun karena akan melatih kita untuk tabah dan cakap menanggung segala perkara. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages