Sebuah Titik Balik


Rabu, 7 Agustus 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 58-60

Yesaya 60:15 (TB)  Sebagai ganti keadaanmu dahulu, ketika engkau ditinggalkan, dibenci dan tidak disinggahi seorang pun, sekarang Aku akan membuat engkau menjadi kebanggaan abadi, menjadi kegirangan turun-temurun. 

Dalam sebuah grafik, titik balik adalah sebuah titik terendah tetapi sesudahnya akan mengalami kenaikan sampai titik tertinggi.

Yesaya 60 berisi nubuatan tentang Sion (gereja) di masa depan.
Dalam ayat 15 merupakan titik balik dari masa sebelumnya yang penuh kekelaman menjadi masa sesudahnya yang penuh kemuliaan.

1. Keadaan sebelumnya.

"Ketika ditinggalkan, dibenci dan tidak disinggahi seorang pun". Orang melihat penampilan dan materi. Pada masa ini semua orang menganggap remeh, mengejek dan mentertawakan. Mereka menganggap bahwa iman yang kita miliki adalah omong kosong, seperti mimpi di siang bolong. Orang-orang membenci dan meninggalkan bukan karena kita berbuat jahat, melainkan mereka lebih mempercayai logika dan diri sendiri daripada janji Tuhan.

Bila kita mengalami keadaan tersebut, jangan putus asa dan tetap pegang janji Tuhan. Tuhan akan membuktikan bahwa mengasihi dan akan memuliakan gereja-Nya.

2. Keadaan sesudahnya.

"Sekarang Aku akan membuat engkau menjadi kebanggaan abadi, menjadi kegirangan turun-temurun."

Nama kita akan dikenang sebagai orang yang beriman dan mengalami janji Tuhan dinyatakan. Bahkan akan diingat dari generasi kepada generasi sebagai orang beriman. Ketika orang-orang yang kita kasihi tidak mau bersama-sama kita untuk membangun gereja-Nya, maka Tuhan akan mengirimkan orang asing untuk membuktikan bahwa Dia adalah Pemilik gereja-Nya.

a. Tuhan mengirimkan raja-raja dan kekayaan bangsa-bangsa.

Yesaya 60:10-11 (TB)  Orang-orang asing akan membangun tembokmu, dan raja-raja mereka akan melayani engkau; sebab dalam murka-Ku Aku telah menghajar engkau, namun Aku telah berkenan untuk mengasihani engkau. 
Pintu-pintu gerbangmu akan terbuka senantiasa, baik siang maupun malam tidak akan tertutup, supaya orang dapat membawa kekayaan bangsa-bangsa kepadamu, sedang raja-raja mereka ikut digiring sebagai tawanan. 

b. Setiap orang yang tidak taat dan tidak mau dipakai Tuhan akan dilenyapkan.

Yesaya 60:12 (TB)  Sungguh, bangsa dan kerajaan yang tidak mau mengabdi kepadamu akan lenyap; bangsa-bangsa itu akan dirusakbinasakan. 

c. Kekayaan, keadilan dan damai sejahtera akan melimpah.

Yesaya 60:17 (TB)  Sebagai ganti tembaga Aku akan membawa emas, dan sebagai ganti besi Aku akan membawa perak, sebagai ganti kayu, tembaga, dan sebagai ganti batu, besi; Aku akan memberikan damai sejahtera dan keadilan yang akan melindungi dan mengatur hidupmu. 

Sion (gereja/jemaat) adalah milik Tuhan, tubuh Kristus dan Kristus adalah Kepala. Dia akan menyatakan pembelaan dan pemeliharaan atas gereja-Nya. Jadilah pribadi yang taat agar kita mengalami janji-janji Tuhan dalam kehidupan kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages