Anomali Pelayanan Nabi


Sabtu, 17 Agustus 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 22-24

Yeremia 23:21 (TB)  "Aku tidak mengutus para nabi itu, namun mereka giat; Aku tidak berfirman kepada mereka, namun mereka bernubuat. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, anomali memiliki arti ketidaknormalan, penyimpangan dari normal atau kelainan.
Sedangkan nabi adalah utusan Tuhan atau orang-orang yang dipanggil untuk menyampaikan pesan (firman) Tuhan.

Yeremia menerima firman Tuhan yang isinya menentang nabi-nabi palsu (Yeremia 23:9-40)

Anomali (penyimpangan) yang dilakukan dalam pelayanan nabi adalah:

1. Tuhan tidak mengutus para nabi namun mereka giat.

Penyebab mereka giat adalah ada agenda pribadi berupa mendapatkan pengakuan, kekayaan dan keuntungan pribadi dari pelayanan kenabian.
Ada nabi palsu di Samaria yaitu Simon si tukang sihir (Kisah PR 8:9-11). Dengan ilmu sihirnya Simon menipu dan mengklaim dirinya adalah nabi untuk keuntungan pribadi.

2. Tuhan tidak berfirman kepada para nabi namun mereka bernubuat.

Nubuat para nabi bisa saja menjadi tepat, namun bukan karena Tuhan. Ketika seorang masuk dalam dimensi pelayan kenabian maka ia bisa mendengar suara Tuhan, suara setan dan suara diri sendiri. Seperti setan bisa membuat mujizat, demikian juga mereka bisa bernubuat. (Ingat kasus Bileam dalam Bilangan 22).

3. Tuhan mengutus para nabi tetapi mereka malas.

Ada orang-orang yang sebenarnya menerima karunia kenabian, mereka diutus oleh Tuhan tetapi tidak mau melakukan karena malas. 
Dalam hal ini keinginan daging dan kenikmatan hidup menghalangi pelayanan kenabian. (Ingat kasus Yunus yang pergi ke Tarsis untuk bersenang-senang padahal diutus Tuhan ke kota Niniwe).

4. Tuhan berfirman kepada para nabi tetapi mereka tidak bernubuat.

Ini bisa terjadi apabila mereka takut menghadapi resiko pelayan kenabian. Karena pelayanan kenabian mereka ditangkap, dipenjarakan, dianiaya bahkan dibunuh.  Dalam hal ini Yeremia mengalami ditangkap hingga dianiaya sebab ia menyampaikan firman Tuhan.

5. Nabi yang menyampaikan pesan Tuhan tetapi hidupnya tidak menjadi pelaku firman.

Di akhir zaman semakin banyak fenomena tersebut. Mereka benar-benar nabi dan menerima firman Tuhan tetapi hidupnya penuh kejahatan.

Matius 7:22-23 (TB)  Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Dasar dari pelayanan kenabian adalah kejujuran dan ketulusan. Bila seseorang memiliki hati yang murni dan takut akan Tuhan, maka ketika Tuhan memanggilnya dalam pelayanan kenabian, ia bisa melakukan dengan penuh integritas. 

Di kalangan umat Kristen banyak yang mengaku dirinya sebagai nabi, bernubuat dan melakukan banyak pelayanan rohani. Tetapi waspadalah tidak semua datang dari Tuhan. Sebab itu setiap nubuatan harus diuji dengan firman Tuhan.
1 Tesalonika 5:21 (TB)  Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. 
Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages