Tak Kuasa Menahan Firman Tuhan


Jumat, 16 Agustus 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 19-21

Yeremia 20:9 (TB)  Tetapi apabila aku berpikir: "Aku tidak mau mengingat Dia dan tidak mau mengucapkan firman lagi demi nama-Nya", maka dalam hatiku ada sesuatu yang seperti api yang menyala-nyala, terkurung dalam tulang-tulangku; aku berlelah-lelah untuk menahannya, tetapi aku tidak sanggup. 

Nabi Yeremia dipukul dan dipasung oleh imam Pasyhur bin Imer di pintu gerbang Benyamin di rumah Tuhan karena ia menyampaikan nubuatan firman Tuhan.

Yeremia 20:9-18 , nabi Yeremia mengeluh akibat tekanan dalam panggilannya sebagai seorang nabi. (Ayat 9) Ia berpikir tidak mau mengingat Tuhan dan tidak mau lagi mengucapkan firman lagi demi nama-Nya. Tetapi dalam hatinya justru terasa tekanan yang sangat kuat "maka dalam hatiku ada sesuatu yang seperti api yang menyala-nyala, terkurung dalam tulang-tulangku; aku berlelah-lelah untuk menahannya, tetapi aku tidak sanggup."

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat tersebut adalah firman Tuhan sangat kuat dan penuh kuasa. 

Ibrani 4:12 (TB)  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. 

Sebab itu kita orang percaya yang telah menerima firman Tuhan, janganlah menahan firman Tuhan hanya bagi diri sendiri. Tetapi beritakanlah firman Tuhan selama kita masih hidup.

1 Korintus 9:16 (TB)  Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.

2 Timotius 4:2 (TB)  Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Jadilah pemberita firman, jadilah pembangun orang-orang yang membutuhkan kekuatan dan keselamatan melalui firman Tuhan yanh kita beritakan. Jangan berhenti karena dilarang bahkan sekalipun mengalami aniaya sebab Tuhan akan meneguhkan firman-Nya dengan mujizat dan tanda ajaib. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages