Sisa Yang Terluput


Minggu, 1 September 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 10-12

Yehezkiel 12:16 (TB)  Tetapi Aku akan meninggalkan sedikit dari mereka yang luput dari pedang, dari kelaparan dan dari sampar, supaya mereka menceriterakan segala perbuatan-perbuatan mereka yang keji di antara bangsa-bangsa, di mana mereka datang; dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN." 

Sejarah gereja Tuhan telah membuktikan bahwa Tuhan menyisakan umat yang terluput dari pembuangan, aniaya dan hukuman agar kelangsungan pekerjaan Tuhan tetap terpelihara.

1. Orang-orang yang terluput dari penghukuman.

Yehezkiel 12:16, Tuhan meninggalkan sedikit orang yang terluput dari penghukuman berupa pedang, kelaparan dan penyakit sampar. Selama dalam pembuangan mereka dalam perlindungan Tuhan.

Tujuannya agar mereka dapat menceritakan perbuatan keji yang dilakukan bangsa-bangsa terhadap umat Tuhan. Melalui kesaksian mereka, orang-orang akan mengenal Tuhan.

2. Orang-orang yang terluput dari pembunuhan nabi-nabi Baal.

1 Raja-raja 19:18 (TB)  Tetapi Aku akan meninggalkan tujuh ribu orang di Israel, yakni semua orang yang tidak sujud menyembah Baal dan yang mulutnya tidak mencium dia.

Elia merasa hanya seorang diri ketika semua nabi-nabi dibunuh karena menyembah Baal. Tetapi sesungguhnya Tuhan menyisakan umat yang terluput. Ada tujuh ribu nabi-nabi yang tidak menyembah Baal. Melalui mereka pekerjaan Tuhan tetap dilanjutkan.

3. Orang-orang yang diselamatkan dari penghukuman.

Roma 11:5-6 (TB)  Demikian juga pada waktu ini ada tinggal suatu sisa, menurut pilihan kasih karunia. 
Tetapi jika hal itu terjadi karena kasih karunia, maka bukan lagi karena perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia itu bukan lagi kasih karunia.

Pada masa kini orang yang percaya kepada Tuhan Yesus adalah sisa umat yang terluput dari penghukuman dosa.

Ketika penampian sedang terjadi banyak orang menjadi gugur dan meninggalkan Tuhan. Tetapi Tuhan menyisakan umat yang diselamatkan, yaitu mereka yang taat dan setia kepada Tuhan sekalipun mengalami banyak aniaya dan kesukaran. Tuhan akan mempercayakan pekerjaan pelayanan-Nya kepada kita agar sejarah gereja Tuhan tetap terjaga sampai kepada akhir zaman. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages